ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS 5 SD NEGERI TAMANSARI 1
Abstract
Tujuan utama penelitian ini menguraikan secara terperinci kemampuan literasi numerasi siswa kelas 5 SD Negeri Tamansari 1. Pedekatan penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif melalui pendekatan analisis deskriptif. Partisipan penelitian yaitu 28 murid kelas 5 dan wali kelas 5 SD Negeri Tamansari 1. Teknik Analisa yang digunakan dengan memberikan soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) dan panduan wawancara sebagai responden penelitian. Metode penelitian dengan output perkerjaan siswa menggunakan acuan variableyang didapatkan dari wawancara. Selanjutnya subjek penelitian dirancang penjabaran yang bertujuan mengambarkan kemahiran subjek penelitian. Hasil riset menyimpulkan dominasi siswa kelas 5 SD Negeri Tamansari 1 memiliki kemampuan literasi numerasi tinggi hal tersebut diperkuat dengan hasil perolehan soal AKM 17 dari 28 siswa mendapat nilai lebih 70 sesuai dengan interval skor penilaian literasi numerasi. Hasil penelitian melalui pedoman wawancara juga menunjukan kemampuan subjek penelitian mengapai tujuan dari indikator kemampuan literasi numerasi.
Downloads
References
Elihami, E., & Syahid, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. In Edumaspul-Jurnal Pendidikan (Vol. 2, Issue 1).
Ermiana, I., Niswatul Khair, B., Fauzi, A., & Puspita Sari, M. (2021). KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SD INKLUSIF DALAM MEMECAHKAN SOAL CERITA. Journal of Elementary Education, 04.
Irmawati, F., Khozanah Ilmah, N., Numerasi, L., & Siswa, L. S. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi pada Siswa Kelas 5 SDN Saptorenggo 3 Kabupaten Malang Kata kunci. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Karaali, G., Villafane-Hernandez, E., & Taylor, J. (2016). What’s in a Name? A Critical Review of Definitions of Quantitative Literacy, Numeracy, and Quantitative Reasoning. Numeracy, 9(1). https://doi.org/10.5038/1936-4660.9.1.2
Khoirul Anwar, M., Laasiliyah, L., Ayun, N., & Romdhoni, V. A. (2021). Kajian Teoritis Integrasi Literasi Numerasi dalam Modul IPA SMP. https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces
OECD. (2019). PISA 2018 Results. www.oecd.org/about/publishing/corrigenda.htm.
Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302
Rezky, M., Hidayanto, E., & Parta, I. N. (2022). KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KONTEKS SOSIAL BUDAYA PADA TOPIK GEOMETRI JENJANG SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1548. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4879
Salvia, N. Z., Putri Sabrina, F., & Maula, I. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA.
Vidiasari Aristawati SMK Negeri, I., Jl Brigjen Sutran Nomor, T., Trenggalek, K., Trenggalek, K., Timur, J., & Artikel, I. (2022). Model Project Based Learning Sebagai Upaya Peningkatan Konsentrasi, Kemampuan Literasi Numerasi dan Literasi Sains Siswa SMK. In Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia Tahun (Vol. 05, Issue 02). http://ejournal.undar.ac.id/index.php/thalaba
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.