KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

  • Ika Fauziah Universitas PGRI Yogyakarta
  • Heru Purnomo Universitas PGRI Yogyakarta
Keywords: STAD Learning Model, Student Learning Outcomes

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar dan upaya penyelesaian masalah hasil belajar yang terjadi saat proses belajar mengajar menggunakan model STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kauntitatif dalam bentuk pre-experimental design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 3 Macanan 2022/2023. Sampel yang diambil adalah 28 siswa dengan teknik sampling jenuh. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji t diperoleh hasil thitung sebesar 24,960 dan koefesien tersebut signifikan pada 5% dan dk = 26 maka diperoleh ttabel sebesar 2,506 jadi thitung > ttabel, dan meningkatnya jumlah siswa tuntas adalah 24 dari 28 siswa yang mengikuti tes (posttest) dengan nilai rata-rata 78,32 yang sebelumnya nilai rata-rata adalah 76,85 (pretest). Artinya terdapat perbedaan nilai hasil belajar siswa kelas V menggunakan model STAD. Jadi model STAD terbukti efektif terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Macanan. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran STAD dengan baik agar siswa antusias dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas serta meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-13
How to Cite
Fauziah, I., & Purnomo, H. (2023). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 204-215. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/mida.v6i2.4620
Section
Articles