PRINCIPAL STRATEGIES IN INCREASING MOTIVATION OF PROSPECTIVE TEACHER ACTIVISTS IN THE TEACHER ACTIVIST EDUCATION PROGRAM

  • Rini Astuti UIN Mahmud Yunus Batu Sangkar
  • Yeni Dwi Murti UIN Mahmud Yunus Batu Sangkar
  • Inong Satriadi UIN Mahmud Yunus Batu Sangkar
Keywords: Strategi Kepala Sekolah, Motivasi, Calon Guru Penggerak

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah Menganalisis strategi konkret yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk memotivasi dan mendukung calon Guru Penggerak dalam mengikuti program guru penggerak. Penelitian ini dilaksanakan pada SDN 25 Sijujung dengan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan wawancara. Partisipan wawancara adalah Asnelita,S.H,M.Pd serta 2 orang guru yaitu Darmayanti, S.Pd dan Halimah,S.PdI yang merupakan calon guru penggerak Angkatan 10. Hasil peneliti dapat adalah kepala sekolah SDN 25 Sijunjung sudah melakukan  strategi konkret untuk memotivasi dan mendukung calon Guru Penggerak dalam mengikuti program guru penggerak. Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi CGP meliputi: 1) Memberikan Dukungan Emosional. 2) Memberikan Kesempatan Pengembangan Profesional. 3) Menciptakan Lingkungan Kerja yang Mendukung. 4) Mendorong Kolaborasi dan Kerjasama. 5) Melakukan monitoring dan evaluasi .  Serta dukungan kepala sekolah adalah 1) Memberikan Informasi yang Jelas dan Terperinci. 2) Menyediakan Waktu dan Kesempatan. 3) Menyediakan Dukungan Fasilitas. 4) Menyediakan Bimbingan dan Mentoring. 5) Mendorong Kolaborasi dan Diskusi. 6) Memberikan Pengakuan dan Apresiasi. Dukungan yang efektif dapat meningkatkan motivasi  calon guru penggerak, yang pada akhirnya berkontribusi pada kinerja yang lebih baik dalam proses pengajaran dan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfatiah. “Manajemen Program Guru Penggerak Sebagai Peningkatan Profesionalisme Guru Pada Dinas Pendidikan.” Universitas Islam Negeri Prof K.H Syaifudin Zuhri, 2022.
Devi, Indra, Zulfani Sesmiarni, and Aisyah Syafitri. “Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Guru Di Mtss Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman.” Innovative Journal Of Social Science Research Volume 3 (2023): 14422–33.
H. Mundir, Dr.MPd. ”Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif". STAIN Jember Press. 25th ed. Bandung: Alfabeta, 2013.
Hadi, Rusman. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Calon Guru Penggerak ( CGP ) Di Sekolah Dasar Negeri.” Jurnal Pendidikan Mandala 8, no. 1 (2023): 148–51.
Ichsan, Aulia Sofianora, Desy, Yayat Suharyat, Tomi Apra Santosa, and Agus Supriyadi. “Pengaruh Profesionalitas Guru Matematika Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Era Revolusi Industri 5.0 Di Indonesia: Sebuah Meta-Analisis.” Jurnal Math-UMB.EDU 10, no. 2 (2023): 49–58. https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v10i2.4868.
Indriani. “Kemendikbutristek : Peserta Guru Penggerak Yang Terus Meningkat.” Antara. Jakarta, 2023. https://www.antaranews.com/berita/3332670/kemendikbudristek-peserta-pendidikan-guru-penggerak-terus-meningkat%0A.
Kurniawan, Asep. ”Metedologi Penelitian Pendiddikan". 1st ed. Bandung: Remaja Rosda karya, 2018.
Menteri pendidikan. “Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2022 Tentang Pendidikan Guru Penggerak,” 2022.
Nuryati, Nuryati. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Pendidik Pada Program Pendidikan Guru Penggerak Di Sekolah Dasar.” Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan 20, no. 1 (2023): 34–42. https://doi.org/10.54124/jlmp.v20i1.96.
Sahir, Syafrida Hafni. ”Metodologi Penelitian". 1st ed. Medan: KBM Indonesia, 2022.
Sugiyono, D. "Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan", 2013.
Susanti, Santi, Bukman Lian, Yenny Puspita, and Kepala Sekolah. “Implementasi Strategi Kepala Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik” 4 (2020): 1644–57.
Vienty, Okta, and Feska Ajepri. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” MindSet : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. September (2022).
Zuchri, Abdussammad. "Metode Penelitian Kualitatif". 1st ed. Makasar: Syakir Media Prees, 2021.
Published
2024-02-12