KONSEP KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LUBANG DARI SEPARUH LANGIT KARYA AFRIZAL MALNA

  • Bambang Purnomo Setyo SMP Negeri 2 Sekaran, Lamoangan
Keywords: kepribadian, tokoh, psikologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep kepribadian tokoh utama terkait dengan teori psikologi paradigma psikodinamika atau psikoanalisis Sigmund Freud dan  solusi yang dipakai tokoh marginal untuk mengatasi konflik batin dalam mengukuhkan kediriannya. Data-data bersumber dari cuplikan-cuplikan kalimat dalam novel yang terkait dengan perilaku, tindakan, ucapan, jalan pikiran, dan rencana hidup tokoh marginal, terutama tokoh utama, Candi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dalam novel “Lubang dari Separuh Langit” karya Afrizal Malna terdapat beberapa hal penting yang menjadi pokok kajian, yang meliputi: (1) kepribadian tokoh utama dapat dilihat dari keseluruhan perilaku tokoh utama yang tergambar dalam cerita. (2) solusi yang dipakai tokoh utama untuk mengatasi konflik batin dalam mengukuhkan kediriannya meliputi penggantian/displacement, sublimasi, melawan diri sendiri/represi, rasionalisasi, proyeksi, dan regresi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwisol. 2004. Psikologi Kepribadian. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Boeree, C. George. 1997. Personality Theories, Melacak Kepribadian Anda Bersama Psikolog Dunia. Yogyakarta: Prisma Sophie.
Endraswara, Suwardi. 2003. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Koeswara, Endra. 1991. Teori-teori Kepribadian. Bandung: Gresco.
Malna, Afrizal. 2004. Lubang Dari Separuh Langit. Yogyakarta: AKY Press.
Ratna, Nyoman Kutha. 2009. Teori, Metode dan Teknik Penelitian Sastra: Dari Strukturalisme Hingga Postrukturalisme Persepektif Wacana Naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Surakarta: Universitas Muhamadiyah Press.
Wellek, Rene dan Austin Werren. 1995. Teori Kesusastraan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Published
2015-02-28
Section
Articles