PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X SEMESTER 1 SMA/MA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

  • Muhammad Nashihul Amin Madrasah Aliyah Negeri Tuban
Keywords: pengembangan, buku ajar Bahasa Indonesia, pendekatan saintifik

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan buku ajar, (2) mendeskripsikan kualitas buku ajar yang dikembangkan, meliputi (a) kelayakan isi, (b) kelayakan penyajian, (c) kelayakan bahasa, (d) kelayakan kegrafikaan, dan (3) mendeskripsikan implementasi buku ajar yang dikembangkan, meliputi (a) aktivitas guru, (b) aktivitas siswa, (c) hasil belajar siswa, (d) faktor-faktor pendukung, serta (e) faktor-faktor penghambat saat buku ajar Bahasa Indonesia kelas X semester 1 SMA/MA dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan diimplementasikan di kelas. Data dikumpulkan dengan metode validasi, metode angket, metode observasi, dan metode tes. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) dalam proses pengembangan buku ajar ada tujuh proses pengembangan yang sudah dilakukan, sehingga sudah layak digunakan karena sesuai dengan metode pengembangan yang ditentukan, (2) kualitas buku ajar yang dikembangkan mulai kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikaan adalah sangat berkualitas dan layak digunakan, (3) implementasi buku ajar yang dikembangkan sangat efektif dan layak digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Astuti, E. Dwi. 2013. Buku Pendamping Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas 10A. Solo: CV. Haka MJ.
Kemendikbud. 2013. Pembelajaran Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Saintifik. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah.
Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suwardi. 2007. Manajemen Pembelajaran: Mencipta Guru Kreatif dan Berkompetensi. Salatiga: JP Books.
Trisnawati, Nanik. 2013. Pengembangan Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Tematik Kelas I. Tesis tidak Diterbitkan. Lamongan: PPS UNISDA Lamongan
Published
2015-02-20
Section
Articles