IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEACHER GIVING MODEL AND STUDENT ANSWER PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH BAHASA INDONESIA KELAS IV DI MI AL MUHSIN KRAPYAK YOGYAKARTA

  • Ika Damayanti UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Aninditya Sri Nugraheni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Implementasi, Strategi Pembelajaran, Teacher giving model and student Answer

Abstract

ewabahnya virus ini juga dirasakan dalam dunia pendidikan terutama jenjang Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memberi gambaran tentang penerapan strategi pembelajaran Aktif  Tipe Teacher Giving Model and Student Answer pada Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Tematik Bahasa Indonesia di Kelas IV MI Al Muhsin Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di Kelas IV MI Al Muhsin Krapyak Yogyakarta selama 3 bulan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitataif. Data diperoleh dengan cara wawancara dan penyebaran angket via google form dengan subjek guru/ wali kelas IV MI Al Muhsin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi pembelajaran Taecher Giving model and student answer sudah diterapkan dengan baik dan maksimal dalam pembelajaran jarak jauh saat pandemi covid 19 ini. Dari hasil observasi dan kajian yang dilakukan peneliti menunjukkan  terlihat adanya peningkatan ketertarikan siswa dalam materi Bahasa Indonesia dan hasil pekerjaan  dalam tugas latihan siswa menunjukkan adanya pemahaman siswa dengan indikator kemiripan jawaban dengan contoh yang diberikan.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Listriani, N. D., & Aini, K. N. (2019). PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN HANDS ON ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN RASA INGIN TAHU SISWA. INSPIRAMATIKA, 5(1), 50-61.
Published
2022-04-20
Section
Articles