ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA DALAM WACANA TULIS MAHASISWA PATANI DI UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN

  • suaibah bango Universitas Islam Darul 'Ulum
Keywords: Kesalahan Berbahasa, Wacana Tulis, Ejaan, Pemakaian Kata, Pengunaan Kalimat

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) jenis kesalahan penulisan ejaan dan tanda baca dalam karangan mahasiswa Patani; (2) jenis kesalahan pemakaian kata dalam karangan mahasiswa Patani; dan (3) kesalahan penggunaan kalimat dalam karangan mahasiswa Patani. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data karangan mahasiswa Patani (Thailand selatan). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi karangan mahasiswa Patani. Teknik analisis data yang penulis lakukan adalah menganalisis kesalahan berbahasa Indonesia.Sumber data dalam penelitian adalah karangan mahasiswa Patani yang kuliah di Universitas Islam Darul Ulum Lamongan.

Dalam penelitian ini, kesalahan mahasiswa Patani di Universitas Islam Darul Ulum Lamongan, dalam menulis karangan narasi meliputi tiga kesalahan, yaitu (1) kesalahan ejaan dan tanda baca, (2) pemakaian kata, dan (3) penggunaan kalimat. Jenis kesalahan tulisan berbahasa yang paling banyak muncul adalah kesalahan bidang ejaan, dalam karangan mahasiswa Patani yang disebabkan oleh faktor latar belakang pendidikan, bahasa, dan budaya yang berbeda. Berdasarkan hasil analisis data terdapat temuan penelitian, yaitu (1) mahasiswa Patani di Universitas Islam Darul Ulum Lamongan, dalam menulis karangan narasi belum tepat pada penggunaan huruf kapital yang meliputi keslahan penggunaan huruf kapital di awal kalimat pada nama tempat, orang, negara, Tuhan, lembaga dan bahasa; (2 terjadi kesalahan penghilangan afiksasi yang ada dalam karangan narasi mahasiswa Patani di Universitas Islam Darul Ulum Lamongan, pada kaidah pembentukan kata formal dan informal; (3) mahasiswa Patani di Universitas Islam Darul Ulum Lamongan, dalam menulis karangan narasi, cenderung melakukan kesalahan pada bentuk kalimat efektif. Hal ini dapat dilihat pada bentuk Csket eratan, kecernatan kalimat, dan koherensi kalimat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mardinata, S., & Mustofa, M. REPRESENTASI SEKSUALITAS TOKOH PEREMPUAN DALAM BUDAYA POPULER MASYARAKAT JAWA PADA NOVEL KAMALAULYA KARYA TULUS SETIYADI.
Published
2022-02-13
Section
Articles