PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MURID KELAS III DENGAN MEDIA YOUTUBE DI SDN NO 36 TONASA

  • Muliati Muliati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Paida Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sri Rahayu Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Keterampilan Berbicara, Media Youtube, Peningkatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui media audiovisual YouTube pada murid kelas III di SDN No 36 Tonasa, Parappa, Kabupaten Takalar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat pertemuan. Penelitian dilaksanakan di kelas III SDN No 36 Tonasa, Parappa, Kabupaten Takalar, pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian terdiri dari 25 murid kelas III, dengan 13 laki-laki dan 12 perempuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan berbicara murid pada siklus pertama adalah 62, sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 94. Tingkat ketuntasan keterampilan berbicara juga mengalami peningkatan, di mana pada siklus I hanya 10 murid (40%) yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan pada siklus II, sebanyak 24 murid (96%) mencapai ketuntasan belajar dan ketuntasan belajar klasikal tercapai. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan media audiovisual YouTube berhasil meningkatkan keterampilan berbicara murid kelas III di SDN No 36 Tonasa, Parappa, Kabupaten Takalar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azhari, A., & Kartini, K. (2022). Efektivitas Pembelajaran Al-Arabiyah Linnasyiin Jilid 2 dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab. TA’DIBAN: Journal of Islamic Education, 3(1), 31–40.
Budiman, A., & Al-Ahyar, M. (2022). Penggunaan Media Youtube dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Maharah Al-Kalam Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5827–5832.
Dewi, A. A. I. K. (2020). Meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui model pembelajaran role playing berbantuan media audio visual. Mimbar Ilmu, 25(3), 449–459.
Hasmiza, H., & Humaidi, M. N. (2023). EFEKTIVITAS YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITALISASI. Research and Development Journal of Education, 9(1), 97–105.
Murtado, D., Hita, I. P. A. D., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Ma’mun, A. H., & Yahya, M. D. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas. Journal on Education, 6(1), 35–47.
Mustoip, S., Al Ghozali, M. I., As, U. S., & Sanhaji, S. Y. (2023). Implementation of Character Education through Children’s Language Development in Elementary Schools. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 6(2), 91–100.
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60.
Syahrin, A., & bin As, A. (2021). Pengaruh penggunaan audiovisual dan motivasi belajar terhadap keterampilan berbicara bahasa inggris di SMA Negeri 3 Takengon. KANDE Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 21–31.
Published
2023-07-06
How to Cite
Muliati, M., Paida, A., & Rahayu, S. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MURID KELAS III DENGAN MEDIA YOUTUBE DI SDN NO 36 TONASA. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 130-141. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/mida.v6i2.4522
Section
Articles