Strategi KSPPS Dalam Meningkatkan UMKM di Pasar Baru Baureno

Studi Kasus di KSPPS BMT Mega Bintang Sejahtera

  • Syuhada' Syuhada' Universitas Islam Darul 'ulum
  • Abdul Rohim Universitas Islam Darul ulum
Keywords: KSPPS, Koperasi Syariah, UMKM, Lembaga Keuangan Syariah

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Pasar Baru Baureno Bojonegoro membutuhkan modal untuk usahanya. Keadaan tersebut direspon dengan berkembangnya Lembaga Keuangan Syariah (LKS) yang jumlahnya semakin bertambah di daerah tersebut. KSPPS BMT Mega Bintang Sejahtera merupakan salah satu koperasi syariah yang fokusnya adalah membantu UMKM. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan KSPPS BMT Mega Bintang Sejahtera dalam membantu meningkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Pasar Baru Baureno dan bagaimana pandangan masyarakat terhadap strategi dan proses pembiayaannya. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan analisis data menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing. Hasilnya adalah, dapat diketahui bahwa strategi yang digunakan KSPPS BMT Mega Bintang Sejahtera meliputi; strategi pelayanan pembiayaan jemput bola, strategi membentuk persepsi produk unggulan, strategi profesionalitas lembaga dan pegawai, dan strategi manajemen Islami SAFT (Sidiq, Amanah, Fatanah, dan Tabligh). Sedangkan pandangan masyarakat terhadap strategi dan proses pembiayaan yang dilakukan oleh KSPPS BMT Mega Bintang Sejahtera secara umum adalah baik. Hal tersebut dibuktikan dengan tingkat kepuasan para pelaku usaha di Pasar Baru Baureno yang tinggi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antonio, Muhammad Syafii dan Tim TAZKIA. 2010. ENSIKLOPEDIA LEADERSHIP & MANAJEMEN MIUHAMMAD SAW “THE SUPER LEADER SUPER MANAGER” BISNISDANKEWIRAUSAHAAN. Jakarta Selatan : Penerbit TAZKIA.
Dokumen dan wawancara pegawai KSPPS BMT Mega Bintan Sejahtera Baureno Bojonegoro Jawa Timur.
http://id.m.wikipedia.org
Kuncoro, Mudrajad. 2010. Ekonomi Pembenguanan, Jakarta :Penerbit Erlangga.
Muhammad. 2005. Manajemen Bank Syariah, Yogyakarta: Penerbit UPP AMP YKPN.
Maulana, Micheal E. Proter. 1996. Strategi Bersaing (Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing),Jakarta : Penerbit Erlangga.
Mukti Fajar ND, Mukti. 2016. UMKM DI INDONESIA, Yogyakarta : Penerbit PUSTAKA PELAJAR.
Parasuraman, A, dkk. “Multiple-item Scale for Measuring Consumer Preception of service Quality,” Jurnal of reltailing, vol. 64 (Musim semi, 1988)
Prawirokusumo, Soeharto. 2001. Ekonomi Rakyat (Konsep, Kebijakan, dan Strategi), Edisi pertama. Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta.
Ridwan, Muhammad. 2004. Manajemen Baitul Maal wa Tamwil (BMT), Yogyakarta: UII Press
Rivai, Veithzal. dan Arifin Arviyan.2010. “ISLAMIC BANKING” Sistem Bank Islam Bukan Hanya solusi Menghadapi Krisis Namun Solusi dalam Menghadapi Berbagai Persoalan Perbankan & Ekonomi Global, Sebuah teori, konsep dan Aplikasi, Jakarta : PT Bumi Aksara.
Sagara, Yusar dan Muharam Angga Pratama, Penguatan Ekonomi Kerakyatan Melalui Baitul Mal Tanwil (BMT) Sebagai Balai Usaha Mandiri Rakyat Terpadu (BUMRT), dalam jurnal Social Science Education, Vol. 3, No. 1 Mei-Juni (Jakrta: Sosio Didaktika, 2016).
Suprayitno, Eko, Ekonomi Islam Pendekatan Ekonomi Mikro Islam Dan Konvensional, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005)
Published
2023-07-31
How to Cite
Syuhada’, S., & Rohim, A. (2023). Strategi KSPPS Dalam Meningkatkan UMKM di Pasar Baru Baureno. ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari’ah, 6(2), 79-92. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/adilla.v6i2.4769
Section
Articles