Pengaruh Brand Image, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Anggota Di KSPPS BMT Mandiri Artha Sejahtera

  • Syuhada' Syuhada' Universitas Islam Darul 'ulum
  • Lailah Rohmatin Universitas Islam Darul 'ulum
Keywords: Brand Image, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Loyalitas Anggota

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin ketatnya persaingan di dalam dunia bisnis dan semakin banyaknya perusahaan atau lembaga yang berdiri ditengah industri empat titik nol, maka semakin sulit bagi perusahaan untuk dapat menjaga kesetiaan dan loyalitas pelanggan agar tidak berpindah ke perusahaan lain. Kunci keunggulan bersaing dalam situasi yang penuh dengan persaingan adalah kemampuan perusahaan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Image, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Anggota di KSPPS BMT Mandiri Artha Sejahtera KC Kapas. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan menggunakan skala interval. Sampel yang diambil sebanyak 92 responden. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu berupa aplikasi IBM SPSS 25. Analisis ini meliputi uji validitas, uji reliabel, uji asumsi klasik, uji analisis linier berganda, dan uji hipotesis statistik.

Dari hasil pengolahan data tersebut menunjukkan bahwa: (1). Variabel Brand Image tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas anggota. (2). Variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas Anggota. (3) variabel Kepercayaaan berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Anggota. (4). Variabel Brand Image, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan berpengaruh terhadap Loyalitas Anggota secara simultan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A Pasurahman, dkk. 1998. SERVQUAL: a Multiple-item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal Of Retailing. Vol 64, No 1.
Buwono, Anton. 2006. Multivariate Analysis dengan SPSS. Salatiga: STAIN salatiga Press.
Bob E. Hayes 2008. The True Test Of Loyalty.Quality Progress Magazine, Vol. 6, No. 41.
C. Sondakh. 2015. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen. (ejournal.unsrat.ac.id)
Darmawi,Herman. 2011. Manajemen Perbankan Syariah. Jakarta: Bumi Aksara
Darsono, L.I. dan Dharmmesta, B.S. 2005. “Kontribusi Involvement dan Thrust in Brand dalam Membangun Loyalitas Pelanggan”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, No. 3, Vol. 2.
Dwyer, R. F., Schurr, P. H., & Oh, S, 2000, “Output sector munificence effects on the internal political economy of marketing channels”, Journal of Marketing Research, No. 24.
E-jurnal Manajemen Unud.2015. Vol 4, No. 8
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Alih bahasa: Dwi Kartini Yahya dan kawan kawan. Jakarta: Erlangga.

Hayes, Bob E. 2008. The True Test Of Loyalty.Quality Progress Magazine, Vol. 6, No. 41.
Kartajaya, hermawan dan sula, Syakir Muhammad. 2006. syariah marketing. Bandung: Mizan
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Kotler, Philip dan Susanto A.B. 2001.Manajemen Pemasaran di Indonesia.Jakarta: Salemba Empat.
Mc.Knight et al. 2002. The Impact of Initial Consumer Trust on Intention to Transact with a Website: A Trusting Building Model. Jurnal sistem strategi informasi.
Mukromi, Muhammad. 2017. Pengaruh Religiusitas, Produk, Bank, Kepercayaan, Pengetahuan, Dan Pelayanan Terhadap Prefensi Menabung diSyariah (Studi Kasus Mahasiswa FEBI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Jurnal Ekonomi UIN Jogjakarta.
Sudaryono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Schiffman dan Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Ke 2. Jakarta: PT. Indeks Gramedia
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang-undang Nomor 10 Tahun 1998
www.ojk.go.id.
Published
2023-01-31
How to Cite
Syuhada’, S., & Rohmatin, L. (2023). Pengaruh Brand Image, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Anggota Di KSPPS BMT Mandiri Artha Sejahtera. ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari’ah, 6(1), 46-56. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/adilla.v6i1.3759
Section
Articles