Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk Terhadap Keputusan Anggota Menabung pada KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur

Studi Kasus pada KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur Cabang Pasar Sidoharjo Lamongan

  • Syuhada' Syuhada' Universitas Islam Darul 'Ulum
  • Nuzulah Ana Fitria Universitas Islam Darul 'Ulum
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Keputusan Menabung

Abstract

Lahirnya lembaga keuangan mikro syariah di Indonesia merupakan salah satu jawaban melihat perkembangan perbankan syariah yang masih terpusat kepada masyarakat menengah ke atas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan produk secara parsial dan simultan terhadap keputusan anggota menabung pada KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur cabang Pasar Sidoharjo Lamongan. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 93. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi responden, uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap keputusan anggota untuk menabung sedangkan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan anggota untuk menabung. Dan hasil uji F menunjukkan bahwa, kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap  keputusan anggota untuk menabung

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-15
How to Cite
Syuhada’, S., & Fitria, N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk Terhadap Keputusan Anggota Menabung pada KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur. ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari’ah, 4(1), 89-104. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/adilla.v4i1.2330
Section
Articles