Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Tingkat Transaksi Jual Beli Di Pasar Tradisional

Studi Kasus Pada Pasar Desa Kapas Bojonegoro

  • Sita Hidayati Universitas Islam Darul 'Ulum
  • Syuhada' Syuhada' Universitas Islam Darul 'Ulum
Keywords: Etika Bisnis Islam, Transaksi Jual Beli, Pasar Tradisional

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan zaman yang ditandai dengan perkembangan ekonomi yang semakin pesat sehingga menimbulkan persaingan bisnis yang semakin tinggi. Dengan persaingan yang begitu tinggi untuk meningkatkan tingkat penjualan, pelaku bisnis kadang menggunakan segala cara sehingga sering mengabaikan etika dalam menjalankan bisnisnya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan etika bisnis Islam terhadap tingkat transaksi jual beli  dan Untuk mengetahui besar nilai pengaruh penerapan etika bisnis Islam terhadap tingkat transaksi jual beli di pasar desa Kapas Bojonegoeo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Sampel dalam penelitian ini 64 pedagang. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan pengambilan sampel secara acak. Metode pengumpulan data dengan cara wawancara, kuesioner, dan riset internet. Analisis datanya bersifat deskriptif analisis dimana data yang diperoleh dianalisis dan disajikan dalam bentuk tabel kemudian diberikan penjelasan dan kesimpulan dari setiap tabel. Berdasarkan hasil observasi dan kuesioner yang diperoleh dari para pedagang diperoleh hasil bahwa Etika Bisnis Islam berpengaruh terhadap Tingkat Jual Beli sebesar 98,2%

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-17
How to Cite
Hidayati, S., & Syuhada’, S. (2022). Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Tingkat Transaksi Jual Beli Di Pasar Tradisional. ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari’ah, 5(1), 20-38. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/adilla.v5i1.2889
Section
Articles