Nilai Religius dalam Novel Lauh Mahfuz Karya Nugroho Suksmanto dengan Menggunakan Pendekatan Fenomenologi

  • Titis Atmaningsih SD Negeri Kedungbondo III kecamatan balen
Keywords: Nilai Religius, Pneidikan Karakter, Pendekatan Fenomenologi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan hakikat pendidikan spiritual Islam yang terkandung dalam novel Lauh mahfuz karya Nugroho Suksmanto. (2) Mendiskripsikaan Representasi pendidikan spiritual Islam yang terkandung dalam novel Lauh mahfuz karya Nugroho Suksmanto dengan realita pendidikan spiritual di masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif Artinya, penulin membahas dan mengkaji novel tidak mengunakan angka, tetapi menekankan pada diskripsi, yang mendiskripsikan novel Lauf Mahfuz. Data penelitian ini adalah Novel yang berjudul Lauh Mahfuz karya Nugroho suksmanto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, teknik simak, dan teknik catat pada analisis data yang dilakukan. Langkah-langkah: membaca Novel, mengambil data, dan penyimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hakikat pendidikan spiritual Islam yang terkandung dalam novel Lauf Mahfuz karya Nugroho suksmanto mempunyai beberapa aspek yaitu: aspek hakikat Pendidikan akidah yang mana aspek paling mendalam dalam kalbu setiap insan sehingga mereka meyakini apa yang mereka kerjakan, dan aspek hakikat pendidikan syariat aspek ini merupakan aspek prilaku yang menentukan apa yang harus mereka kerjakan sebagai manusia, yang mana kedua aspek tersebut sangat berkaitan untuk mencapai pada hakikat pendidikan spiritual islam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, F. R. E., Mustofa, M., & Selirowangi, N. B. (2024). Analisis Pertunjukkan Kentrung Ki Dalang H. Khusairi Cerita Sunan Drajaat (Kajian Struktur, Makna, Fungsi, Dan Resepsi). Wahana Pedagogika: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(01), 1-6.
Agustina, F. R. E., Mustofa, M., & Selirowangi, N. B. (2024). ANALISIS PERTUNJUKKAN KENTRUNG KI DALANG H. KHUSAIRI CERITA SUNAN DRAJAAT (KAJIAN STRUKTUR, MAKNA, FUNGSI, DAN RESEPSI). WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(01), 1-6.
Darojah, Z., Ihsan, B., & Sukowati, I. (2024). Penggunaan Jenis Kata Tabu pada Tuturan Anak Usia 6—12 Tahun (Kajian Sosiolinguistik). RUNGKAT: RUANG KATA, 1(2), 1-9.
Faruk. 2013. Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Iskandar, Arif B. 2015. Materi Dasar Islam (Islam Mulai Akar Hingga Daunya). Bogor: Al-Azhar Press.
Khoir, M., Saiban, K., & Mustofa, M. (2023). Implementation of Islamic Religious Education (PAI) Learning in the Formation of Religious Character and Social Concern Attitudes. EDU-RELIGIA: Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya, 6(1), 23-32.
Kurniawan, H., Somadayo, S. R., Sholeh, D. R., & Sutardi, S. (2023). Kontestasi Identitas Peristiwa “Kembali” Dalam Novel Rapijali Karya Dee Lestari. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(2).
Muctar Heri Jauhari. 2008. Fikih Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muminin, M., & Sukowati, I. (2023). NILAI-NILAI BUDAYA DALAM ANTOLOGI CERITA RAKYAT 33 PROVINSI KARYA YUSTITIA ANGELIA. Metalanguage: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(01).
Mustofa, M., Marzuqi, I., & Ihsan, B. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Materi Teks Eksposisi Dengan Pendekatan Kontekstual. Edu-Kata, 8(1), 1-8.
Putri, R. C., Marzuqi, I., & Wangi, N. B. S. (2024). Variety of Connotation Meanings in the Novel ‘Tak Ada Embusan Angin’by Aveus Har. EDU-KATA, 10(1), 47-54.
Selirowangi, N. B., Rofik, A., & Wahyudi, E. Y. Potential Implications of Problem Based Learning On Developing Learners' Exposition Text Writing Skills In Indonesian Language Classroom.
Sukowati, I. (2024). REPRESENTATION OF WOMEN IN THE NOVEL" PEREMPUAN YANG MEMBELAH DIRI" BY IVA TITIN SHOVIA. EDU-KATA, 10(1), 1-6.
Sukowati, I., Masrur, M. E., Sariban, S., & Ihsan, B. (2024). Representasi Permasalahan Politik Di Bojonegoro Pada Headline Berita Periode Triwulan Pertama 2024 Di Radar Bojonegoro (Analisis Wacana Kritis). EDU-KATA, 10(2), 18-29.
Sutardi, S., & Ernaningsih, E. (2024). Pengaruh Ekologi Berwawasan Gender (Kritik Ecofeminism) Dalam Novel Mahligai Diufuk Timur Karya Suparto Brata. PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 8-13.
Sutardi, S., Ihsan, B., & PRADANA, Y. A. (2024). The Legend of the Milled Well in Sendangduwur Village, Paciran District: Study of Narrative Structure, Cultural Values and Community Reception. EDU-KATA, 10(2), 10-17.
Urokhim, A., Sariban, S., & Kustomo, H. (2022). Cagar Budaya Sebagai Peneguhan Tuban Yang Multikultur. Candi: Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah, 22(1), 1-13.
Mashuri, S., Futaqi, S., Hasanuddin, M. I., Yusuf, K., Rusdin, Takunas, R., ... & Dwitama Haeba, I. (2024). The building sustainable peace through multicultural religious education in the contemporary era of Poso, Indonesia. Cogent Education, 11(1), 2389719.
Putra, A. T., Futaqi, S., & Sholikhah, K. (2024). FENOMENA KENAKALAN REMAJA DAN ALTERNATIF PENANGGULANGANNYA DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI MADRASAH ALIYAH SABILUL MUTTAQIN MARGOAGUNG KECAMATAN SUMBERREJO KABUPATEN BOJONEGORO. Jurnal Murid, 1(3), 211-220.
Mashuri, S., Futaqi, S., Ruslin, R., Sugiyar, S., Fakhrurrozi, H., & Rofiq, A. C. (2024). Multicultural-Based Public Policy: The Experience of Indonesia in Managing Diversity for National Resilience. Technium Social Sciences Journal, 55, 394-404.
Mashuri, S., Futaqi, S., & Sulhan, A. (2024). Spiritual base of Pesantren for building multicultural awareness in Indonesia context. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 24(1), 1-20.
Suradji, M., Futaqi, S., & Hudi, M. (2024). Strengthening the Capacity of Social Welfare Institutions for Service Quality to Orphans, the Elderly and the Disabled. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 314-324.
Yenuri, A. A., & Futaqi, S. (2023). Celebrating Interfaith Rituals to Build Togetherness Between Children in Elementary Schools. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(2), 859-870.
Futaqi, S., Sari, I. P., & Ghofur, A. (2023). Penyuluhan Bahaya Chikungunya di Desa Purwokerto, Kecamatan Ngimbang, Kabupaten Lamongan. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3), 1166-1174.
Futaqi, S., & Mashuri, S. (2023). Intellectual Capital of Islamic Boarding Schools to Build Multicultural Education Epistemology. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 18(1), 1-20.
Futaqi, S., & Yenuri, A. A. (2023). Ritual Communication in Learning Islam in Multi-Religious School. Journal of Islamic Education and Ethics, 1(1), 38-51.
Futaqi, S. (2023). Pendidikan Islam Multikultural: Menuju Kemerdekaan Belajar. Nawa Litera Publishing.
Futaqi, S., & Mashuri, S. (2022). Multicultural Leadership of Kiai for Managing Diversity in Indonesian Context: Spiritual, Intellectual, and Social Integration. Cultural Management: Science & Education, 6(2).
Masruroh, A., Rahayu, N. C., & Dewi, R. A. (2022). Upaya Meningkatkan Daya Kreativitas Anak melalui Metode Bermain Alat Musik Tradisional Saron di TK Budi Luhur. MAANA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 50-58.
Futaqi, S. (2022). Prinsip Pengembangan Kurikulum Berbasis Multikultural. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 149-161.
Handayani, A. D., Futaqi, S., & Khofifah, U. (2022). IMPLEMENTASI MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI BANIN BANAT GEGER. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 84-98.
Futaqi, S., & Mashuri, S. (2021). Religious moderation cyber: Sebuah Strategi Pengarusutamaan Melalui Literasi Media Baru. Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, 15(2), 182-195.
Mazid, S., Futaqi, S., & Farikah, F. (2021). The concept of “freedom of learning” in a multicultural education perspective. Ta'dib, 24(1), 70-80.
Futaqi, S. (2021). Memperkuat Kompetensi Multikultural Siswa dalam Menghadapi Tantangan Global. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 30-37.
Pradana, M. S., Selirowangi, N. B., Windasari, D. N., Tania, M., & Swansa, R. T. (2024). Inisiasi Wirausaha Baru Berbasis Potensi Lokal Desa Ramah Lingkungan. Sustainable: Journal of Community Service and Innovation, 1(1), 25-34.
Agustina, F. R. E., Mustofa, M., & Selirowangi, N. B. (2024). Analisis Pertunjukkan Kentrung Ki Dalang H. Khusairi Cerita Sunan Drajaat (Kajian Struktur, Makna, Fungsi, Dan Resepsi). WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(01), 1-6.
Ayustin, F. D., Rahmawati, R., Aini, K. N., Wangi, N. B. S., & Rohim, A. (2024). Pelatihan Pembuatan Donat Labu Kuning Untuk Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 181-190.
Mualifah, S., Selirowangi, N. B., & Lestari, L. T. (2024). APPLICATION OF BIG BOOK MEDIA ON PROCEDURE TEXT WRITING SKILLS OF CLASS XI-3 STUDENTS OF SMAN 1 SEKARAN. EDU-KATA, 10(1), 55-63.
Putri, R. C., Marzuqi, I., & Wangi, N. B. S. (2024). Variety of Connotation Meanings in the Novel ‘Tak Ada Embusan Angin’by Aveus Har. EDU-KATA, 10(1), 47-54.
Wangi, N. B. S., Pradana, M. S., & Saifuddin, S. (2024). Application Of Problem Based Learning Model To Improve Negotiation Text Writing Skills In Class X AKL 1 SMK Negeri 1 Duduksampeyan. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 9(1), 82-91.
Selirowangi, N. B., Aisyah, N., & Rohmah, L. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 31-40.
Selirowangi, N. B., Rofik, A., & Wahyudi, E. Y. Potential Implications of Problem Based Learning On Developing Learners' Exposition Text Writing Skills In Indonesian Language Classroom.
Abdillah, H., & Selirowangi, N. B. (2023). Application of The Contextual Teaching And Learning (CTL) Learning Model Using Public Service Advertising Video Media On Explanation Text Writing Skills Class VI Students of MI Attaqwa Kalanganyar Karanggeneng Lamongan. JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 4(2), 158-166.
Pradana, M. S., Selirowangi, N. B., Jannah, A., Haris, A., & Huda, S. (2023). PEMBERDAYAAN GURU DAN SISWA MELALUI LITERASI DIGITAL BERBASIS QR CODE DI ERA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI. Jurnal Pengabdian Masyarakat: BAKTI KITA, 4(2), 37-46.
Selirowangi, N. B. (2023). Application of the Think-Pair-Share Type Cooperative Model on Poetry Appreciation Learning. EDUTEC: Journal of Education And Technology, 7(1), 268-277.
Wangi, N. B. S., & Wajdi, M. B. N. (2022). Gamification Learning Model to Improve Conceptual Understanding of Aqidah Akhlak Subject. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 6(2), 560-571.
Wangi, N. B. S., Chandra, N. E., Ali, A. Z., Aulia, L. L., Zahid, A., Triutami, M. W., & Biroudloh, F. Application of Gamification-Based Online Learning on Student Learning Outcomes During the Covid-19 Pandemic.
Published
2024-09-11