KODE SIMBOLIK PADA NOVEL NY. TALIS KISAH MENGENAI MADRAS KARYA BUDI DARMA (KAJIAN SEMIOTIK)

  • Hariyanto Hariyanto SDN Napis VI Kec. Tambakrejo Bojonegoro
Keywords: Semiotik Sastra, Kode Simbolik Sastra, Budi Darma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kode simbolik yang terdapat dalam novel Ny. Talis Kisah Mengenai Madras karya Budi Darma dengan menggunakan pendekatan semiotik. Karya ini dikenal dengan penggunaan simbol-simbol yang kompleks dan mendalam, yang merefleksikan berbagai aspek kehidupan sosial, psikologis, dan kultural masyarakat. Melalui pendekatan semiotik Roland Barthes, penelitian ini menganalisis tanda-tanda dan simbol-simbol yang terdapat dalam narasi, dialog, dan deskripsi yang ada di dalam novel. Analisis dilakukan dengan membedakan makna denotatif (literal) dan konotatif (makna yang lebih dalam), serta mengaitkan simbol-simbol tersebut dengan konteks sosial dan budaya Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Ny. Talis Kisah Mengenai Madras memanfaatkan simbol-simbol tertentu untuk menggambarkan konflik batin para tokoh, relasi sosial yang rumit, serta kekuatan budaya yang mempengaruhi kehidupan individu. Kode simbolik yang digunakan oleh Budi Darma berfungsi sebagai medium untuk menyampaikan kritik terhadap nilai-nilai sosial yang ada di masyarakat, serta sebagai cerminan dari kondisi eksistensial manusia. Simbol-simbol seperti benda, warna, dan tindakan tertentu dalam novel ini memiliki makna yang lebih luas daripada sekadar fungsi naratif, yaitu sebagai representasi dari realitas sosial dan psikologis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lestari, L. T., Aliyah, C. D. N., & Sriwulandari, N. (2024). ANALISIS ALAT UKUR PENILAIAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS DI SMP. Dar el-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 11(1), 172-182.
Lestari, L. T., & Mualifah, S. (2024). PRINSIP ANALOGI PADA KATA LARANGAN DI MEDIA SOSIAL (STUDI ANALISIS WACANA KRITIS). HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 16(1), 78-87.
Sholihah, U., Ihsan, B., & Lestari, L. T. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Dalam Menulis Puisi Siswa Kelas Viii Mts Darun Najah Babat. RUNGKAT: RUANG KATA, 1(1), 27-36.
Ani, S., Lestari, L. T., & Jesica, E. (2023). Penggunaan Hiponimi pada Caption Postingan Akun Instagram Resmi Ganjar Pranowo Tahun 2022. HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 15(2), 29-38.
Lestari, L. T., & Soniatin, Y. (2023). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM KARYA TULIS ILMIAH KARANGAN SISWA KELAS XI MA MATHOLI’UL ANWAR SIMO. PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 13-20.
Lestari, L. T., & Ani, S. (2022). Gaya Bahasa Simile dalam Novel Ingkar Karya Boy Candra. HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 14(2), 37-48.
Candra, K. D., Markub, M., & Lestari, L. T. (2022). Kesantunan Berbahasa pada Debat Publik Pilbup Kabupaten Gresik Tahun 2020. EDU-KATA, 8(1), 16-28.
Ulfah, A., Khofifah, A. N., Itasari, A. D., Kalfin, M. R., & Putri, N. W. E. (2024). KOSAKATA ‘RESIDIVIS’SEBAGAI STIGMA NEGATIF DALAM PEMBERITAAN MEDIA MASSA TEMPO. co. HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 16(2), 63-70.
Ulfah, A., Jesica, E., Fitriyah, L., Amalia, G. S. P., Yulianingtyas, M., & Amelya, P. D. (2023). Pemanfaatan Teknologi dalam Model Pembelajaran Olah Alur pada Pembelajaran Menulis Cerpen. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 38-48.
Ulfah, A., Huda, M., Siyatin, M. N., Sari, N. K., & Sania, E. N. (2023). Internalisasi Karakter Peduli Lingkungan pada Peserta Didik SDN 4 Sendangrejo Melalui Kegiatan Pendampingan Di Luar Kelas. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4(4), 781-793.
Ulfah, A., Fitriyah, L., Zumaisaroh, N., & Jesica, E. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital dalam Pembelajaran Menulis Puisi di Era Merdeka Belajar. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 42-57.
Ulfah, A., Zumaisaroh, N., Fitriyah, L., & Jesica, E. (2022). Model Pembelajaran Literacy Circle sebagai Inovasi Pembelajaran Menulis Puisi di Era Merdeka Belajar. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 216-229.
Haryono, H. E., Zayyadi, M., Marzuqi, I., & Kaniawati, I. (2024). The Effectiveness of Collaborative E-Learning-Based Learning in Reducing Student Misconceptions on Heat in East Java High Schools During Merdeka Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(8), 4543–4550. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i8.817
Marzuqi, I., Azar, M. A. S., Rohman, B. Z., Khabib, S., & Putri, N. E. (2022). Pengembangan Permainan Tradisional terhadap Pembentukan Karakter Anak sebagai Wujud Pengabdian Masyarakat di Desa Warungering, Lamongan,. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6 (2), 183–188. Efektivitas Pembelajaran Bercerita Melalui Pendekatan Konstruktivisme Bagi Siswa Kelas IV SDN Negeri Napis 1.
Mubarok, M. K., & Marzuqi, I. (2024). INTERDISPLINER NOVEL BIDADARI BERMATA BENING KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DENGAN KITAB ALALA LIRBOYO KARYA AL ZARNUJI. WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(01), 7-13.
Marzuqi, I., Darmawan, T., & Sulistiyorini, D. (2024). NOVEL SAMPAH DI LAUT, MEIRA KARYA MAWAN BELGIA (PERSPEKTIF EKOKRITISISME). Jurnal Metamorfosa, 12(1), 16-29.
Putri, R. C., Marzuqi, I., & Wangi, N. B. S. (2024). Variety of Connotation Meanings in the Novel ‘Tak Ada Embusan Angin’by Aveus Har. EDU-KATA, 10(1), 47-54.
Al Ayubi, A. S. S., Lestari, L. T., & Ihsan, B. (2024). SUMATIVE ANALYSIS BASED ON LEVEL OF DIFFICULTY BASED ON HOTS ITEMS IN INDONESIAN LANGUAGE SUBJECT CLASS VII MTs AL KHOIRIYAH. EDU-KATA, 10(1), 36-46.
Sukowati, I., Masrur, M. E., Sariban, S., & Ihsan, B. (2024). Representasi Permasalahan Politik Di Bojonegoro Pada Headline Berita Periode Triwulan Pertama 2024 Di Radar Bojonegoro (Analisis Wacana Kritis). EDU-KATA, 10(2), 18-29.
Darojah, Z., Ihsan, B., & Sukowati, I. (2024). Penggunaan Jenis Kata Tabu pada Tuturan Anak Usia 6—12 Tahun (Kajian Sosiolinguistik). RUNGKAT: RUANG KATA, 1(2), 1-9.
Ihsan, B., Winarni, R., & Septiari, W. D. (2023). ANALISIS RESEPSI SASTRA BAGI MAHASISWA PGMI UNISDA LAMONGAN DALAM NOVEL KKN DI DESA PENARI (KAJIAN RESEPSI NILAI DAN PENDIDIKAN KARAKTER). EDU-KATA, 9(1), 51-58.
Rahmawati, Z. D., & Ihsan, B. (2022). Pengembangan potensi kreativitas siswa sekolah luar biasa. Jurnal Pengabdian Masyarakat: BAKTI KITA, 3(2), 19-28.
Sukowati, I., & Ihsan, B. (2022). Dampak Kearifan Lingkungan Berdasarkan Kajian Ecocriticism Dalam Novel Serial Anak-Anak Mamak Karya Tere Liye. Jurnal Metamorfosa, 10(2), 22-31.
Agustina, F. R. E., Mustofa, M., & Selirowangi, N. B. (2024). ANALISIS PERTUNJUKKAN KENTRUNG KI DALANG H. KHUSAIRI CERITA SUNAN DRAJAAT (KAJIAN STRUKTUR, MAKNA, FUNGSI, DAN RESEPSI). WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(01), 1-6.
Mustofa, M., Marzuqi, I., & Ihsan, B. (2022). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI TEKS EKSPOSISI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL. EDU-KATA, 8(1), 1-8.
Zulfikhar, R., Mustofa, M., Hamidah, E., Sapulete, H., Sitopu, J. W., & Sari, M. N. (2024). Dampak Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Akademis Mahasiswa Perguruan Tinggi. Journal on Education, 6(4), 18381-18390.
Mustofa, M., Judijanto, L., Faridah, L., Hamidah, E., Vanchapo, A. R., & Kurniasari, N. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 237-242.
Khoir, M., Saiban, K., & Mustofa, M. (2023). Implementation of Islamic Religious Education (PAI) Learning in the Formation of Religious Character and Social Concern Attitudes. EDU-RELIGIA: Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya, 6(1), 23-32.
Ghufron, S. (2023). The Effect of STAD-Type Cooperative Learning Based on a Learning Tool on Critical Thinking Ability in Writing Materials. International Journal of Instruction, 16(1).
Sukowati, I. (2022). Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Anak Usia Dini. Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya, 28(1), 106-116.
Selirowangi, N. B., Aisyah, N., & Rohmah, L. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 31-40.
Wangi, N. B. S., Pradana, M. S., & Saifuddin, S. (2024). Application Of Problem Based Learning Model To Improve Negotiation Text Writing Skills In Class X AKL 1 SMK Negeri 1 Duduksampeyan. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 9(1), 82-91.
Ernaningsih, E., & HUDA, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Kemampuan Identifikasi Gagasan Utama Siswa Kelas V SDN Sidomulyo Gresik. Jurnal PENTAS, 9(1).
Saputra, R. A. K., Huda, M., Hidayati, N., & Wulandari, D. (2022). Observasi Sendang Jaka Tarub Sebagai Upaya Meningkatkan Potensi Wisata Desa Sumberagung Plumpang Tuban. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 3(2), 202-209.
Soniatin, Y., & Widyaningsih, A. (2022). Hubungan Kekerabatan Bahasa Jawa (Karanggeneng) Dan Bahasa Madura (Pamekasan). PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 1-8.
Sutopo, J., Sariban, S., & Irmayani, I. (2024). MAKNA FILOSOFI DIKSI BAHASA NELAYAN: STUDI KAJIAN BUDAYA. HASTAPENA: Jurnal Bahasa, Sastra, Pendidikan Dan Humaniora, 1(1), 1-14.
Urokhim, A., Sariban, S., & Kustomo, H. (2022). Cagar Budaya Sebagai Peneguhan Tuban Yang Multikultur. Candi: Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah, 22(1), 1-13.
Hapsari, A. D. 2023. Students’ perception toward using Canva in EFL business correspondence class. Edulitics (Education, Literature, and Linguistics) Journal, 8(2), 47-56. https://doi.org/10.52166/edulitics.v8i2.5268
Huda, K. & Purwanti, D. 2023. Improving students’ ability in writing descriptive text using Example Non-Example method at eight class of SMP Negeri 3 Ngimbang. Edulitics (Education, Literature, and Linguistics) Journal, 8(1), 45-51. https://doi.org/10.52166/edulitics.v8i1.4540
Irmayani, I., & Masruroh, U. (2023). Supportive teacher talk features to promote students’ responses in EFL classroom. Education and Human Development Journal, 8(1), 26–37. https://doi.org/10.33086/ehdj.v8i1.3565
Wangi, N. B. S., & Wajdi, M. B. N. 2022. Gamification: An effective strategy for developing soft skills and stem in students. Qalamuna -Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 14(1), 663-676.https://doi.org/10.37680/qalamuna.v14i1.4650
Sofeny, D., Tasaufy, F. S., & Rahmawati, A. 2024. Boosting the English vocabularies through “Cublak-Cublak Suweng” for young learners in hybrid classroom. PROJECT (Professional Journal of English Education), 7(2), 343-350. https://doi.org/10.22460/project.v7i2
Zahro, S. K. (2023). Alternative feedback through screencast: Action research practices and perception on academic writing classroom. English Review: Journal of English Education, 11(1), 37-46. https://doi.org/10.25134/erjee.v11i1.6886
Khulel, B. 2022. Improving students’ writing skill through project-based learning, process writing, and Instagram. IJECA (International Journal of Education & Curriculum Application), 5(1), 25-35. https://doi.org/10.31764/ijeca.v5i1.7601
Rohim, A., & Rofiki, I. (2024). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal AKM Numerasi. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 183-193.

Aini, K. N., & Hidayah, N. (2024). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Florence Littauer. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 1916-1922.
Haryono, H. E., Almubarokah, N. H., & Ardianti, A. D. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbasis Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Fisika: The Use of a Cooperative Learning Model, Teams Games Tournament Type Based on Concept Maps on Physics Learning Outcomes. Jurnal Kreatif Online, 11(4), 1-8.
Ardiyansah, A. A., Arifin, Z., & Asmana, A. T. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK dalam Pembelajaran Discovery Learning Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 7(2), 25-33.
Asmana, A. T., Rohim, A., Aini, K. N., & Winata, V. P. (2023). Development of Problem-Based Learning-Based Independent Curriculum LKPD to Improve Students' HOTS. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(4), 1415-1436.
Faridah, L., Siswono, T. Y. E., & Sulaiman, R. (2024, February). The use of multiple representations in improving the understanding of the fraction concept of junior high school students in terms of gender. In AIP Conference Proceedings (Vol. 3046, No. 1). AIP Publishing.
Amiroch, S., Chang, H., Jamhuri, M., & Yulianto, T. (2024, July). Vertex coloring in graphs: A novel approach to nutritional menu planning. In AIP Conference Proceedings (Vol. 3176, No. 1). AIP Publishing.
Published
2024-10-30