KARAKTER RELIGIUS DALAM NOVEL MENCINTAI-NYA SEBELUM MENCINTAIMU
Abstract
Tujuan penelitian tesis ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang diajarkan dan medeskripsikan efedensi nilai-nilai karakter yang diajarkan oleh Harfin dalam novel Mencintai-Nya sebelum Mencintaimu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata, frasa, klausa, dan kalimat pada setiap paragraf dalam novel Mencintai-Nya sebelum Mencintaimu karya Riska Wati Harfin. Metode kualitatif memberikan perhatian terhadap data alamiah, data dalam hubungannya dengan konteks keberadaannya. Dalam penelitian sastra, misalnya, akan dilibatkan pengarang, lingkungan sosial di mana pengarang berada, termasuk unsur-unsur kebudayaan pada umunya. Nilai-nilai karakter yang diajarkan adalah jujur, sabar, rajin berdoa, berusaha istiqomah dalam menjalankan perintah agama, giat bekerja dan berusaha, melakukan sunnah Rasulullah SAW berupa tuntunan menikah, menginginkan kebahagian hidup dengan berbakti kepada orang tua, ikhlas dalam bersedekah serta mengamalkan ajaran Alquran dalam kehidupan.
Downloads
References
Lestari, L. T., & Soniatin, Y. (2023). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM KARYA TULIS ILMIAH KARANGAN SISWA KELAS XI MA MATHOLI’UL ANWAR SIMO. PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 13-20.
Lestari, L. T., & Ani, S. (2022). Gaya Bahasa Simile dalam Novel Ingkar Karya Boy Candra. HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 14(2), 37-48.
Ulfah, A., Fitriyah, L., Zumaisaroh, N., & Jesica, E. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital dalam Pembelajaran Menulis Puisi di Era Merdeka Belajar. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 42-57.
Mubarok, M. K., & Marzuqi, I. (2024). INTERDISPLINER NOVEL BIDADARI BERMATA BENING KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DENGAN KITAB ALALA LIRBOYO KARYA AL ZARNUJI. WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(01), 7-13.
Sukowati, I., & Ihsan, B. (2022). Dampak Kearifan Lingkungan Berdasarkan Kajian Ecocriticism Dalam Novel Serial Anak-Anak Mamak Karya Tere Liye. Jurnal Metamorfosa, 10(2), 22-31.
Saputra, R. A. K., Huda, M., Hidayati, N., & Wulandari, D. (2022). Observasi Sendang Jaka Tarub Sebagai Upaya Meningkatkan Potensi Wisata Desa Sumberagung Plumpang Tuban. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 3(2), 202-209.
Urokhim, A., Sariban, S., & Kustomo, H. (2022). Cagar Budaya Sebagai Peneguhan Tuban Yang Multikultur. Candi: Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah, 22(1), 1-13.
Halim, A. (2024). Strategy for Strengthening Multicultural Competence of Islamic Religious Education Teachers. EDU-RELIGIA: Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya, 7(1), 90-105.
Halim, A. (2023). Internalization of Islamic Boarding School Life Values in Forming Multicultural Attitudes of Santri. EDU-RELIGIA: Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya, 6(1), 104-115.
Anam, M. K., & Halim, A. (2023). Implementasi Pembacaan Asmaul Husna Dalam Membentuk Karakter Islami Pada Siswa MTs Al-Azhar Menganti Gresik. Jurnal Pendidikan Agama Islam Miazhar, 2(2), 51-57.
Halim, A. (2022). Model Pembelajaran Multikulturalisme Guru Pendidikan Agama Islam. Chalim Journal of Teaching and Learning, 2(1), 66-76.
Halim, A. (2023). Sikap Multikultural Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Andragogi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 86-102.
Halim, A., & Maskuri, M. (2021). Kompetensi Multikultural Guru Pendidikan Agama Islam. Pendidikan Multikultural, 5(1), 120-137.
Aninas, V. A., & Suryani, K. (2024). Strengthening of Profil Pelajar Pancasila in the Dimension of Gotong Royong in the Digital Era through Project Based Learning at MAN 2 Lamongan. AJER: Advanced Journal of Education and Religion, 1(3), 240-250.
Manidhom, F. M., Suryani, K., & Umroh, I. L. (2024). Peran Guru Pesantren dalam Tranformasi Etika Santri Melalui Pembelajaran Kitab Ta'lim Muta’allim di Pondok Pesantren Raudlatul Muttaqin Talun Sidogembul Sukodadi Lamongan. AJER: Advanced Journal of Education and Religion, 1(3), 257-268.
Suryani, K. (2023). PROSEDUR RANCANGAN DAN STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Dar el-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 10(2), 151-169.
Sa'adah, H. I., Suryani, K., Purwati, T., Wijayati, S. A., & Rista, D. A. N. (2023). Budidaya Magot sebagai Upaya Pemulihan Perekonomian Masyarakat di Era Covid-19 Desa Sambangrejo, Modo, Lamongan: Magot Cultivation as an Effort to Restore the Community Economy in the Covid-19 Era Sambangrejo Village, Modo, Lamongan. AMALIYYA: Community Empowerment and Development Journal, 1(1), 30-41.
Suryani, K. (2023). KEPALA SEKOLAH/MADRASAH SEBAGAI ADMINISTRATOR DALAM MANAJEMEN PENGAJARAN BAHASA ARAB DI TINGKAT MADRASAH. Dar el-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 10(1), 36-52.
Suryani, K. (2022). HUBUNGAN ILMU PSIKOLINGUISTIK DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Dar el-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 9(2), 133-152.
Suryani, K. (2022). Bahasa Peradaban dan Kebangsaan Dalam Pemikiran Khawarij. Dar el-Ilmi: jurnal studi keagamaan, pendidikan dan humaniora, 9(1), 141-161.
Umroh, I. L., Suryani, K., Sholihah, I. H., Andika, K., & Rihlatulillah, R. (2021). PENDAMPINGAN TERHADAP GURU DALAM MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN INOVATIF DALAM MENARIK MINAT BELAJAR SISWA DI MI NASRUL ULUM KLAGENSRAMPAT PADA MASA PANDEMI COVID-19. As-Sidanah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 193-210.
Suryani, K. (2021). Relasi Asbab al-Nuzul Nasr Hamid Abu Zayd dalam Penafsiran Kontekstual Historis. Dar el-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 8(2), 19-47.
Suryani, K. (2021). Memahami Bahasa Tamsil dalam Al-Qur’an. Dar el-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 8(1), 164-191.
Zahira, T., Habibah, S., & Sun'iyah, S. L. (2024). PERAN GURU TPQ DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SANTRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN (Studi Kasus di TPQ At-Taqwa Sungegeneng, Sekaran, Lamongan). Jurnal Murid, 1(3), 201-210.
Habibah, S., Prabowo, H., Amandari, A. B., & Iswiyanti, A. S. (2024). GAMBARAN PSYCHOLOGICAL CAPITAL PADA KONTINGEN GARUDA. HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 16(2), 83-91.
Habibah, S., Junaidi, M., & Sholikhah, K. (2024). IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDI AR-ROUDLOH MIRU SEKARAN LAMONGAN. Dar el-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 11(1), 1-20.
Habibah, S., Marazi, H., Wahyuddin, I., Junaidi, M., & Sholikah, K. (2023). The Integration of Nationalism and Religious Education at Islamic Elementary School in Lamongan, East Java. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 6(2), 148-169.
Wahyuddin, I., Murtiningsih, S., & Habibah, S. (2023). KEJAHATAN DI MASA PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF FILSAFAT KEHENDAK ARTHUR SCHOPENHAUER (1788-1860). HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 15(2), 77-87.
Rahmaniyah, R., Habibah, S., & Sun'iyah, S. L. (2023). Pengaruh Media Audio Visual dalam Meningkatkan Minat Belajar di MTs 17 Darul Ulum Bali Sukodadi. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 6(1), 53-70.
Habibah, S., & Sa’adah, H. I. (2022). ESENSI PENCIPTAAN ALAM SEMESTA DALAM KONSEP RUANG DAN WAKTU PERSPEKTIF FILSAFAT MUHAMMAD IQBAL. HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 14(2), 88-99.
Habibah, S. (2022). Contribution of Rural Sufism for Strengthening Pancasila Values; Case Study of the Qadiriyah-Naqsabandiyah Congregation in Lamongan. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 33(1), 17-34.
Purwaningsih, A., Habibah, S., & Sa’adah, H. I. (2022). Pengaruh Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Hafalan Mufrodat Siswa Kelas III MI Islamiyah Tlogohaji Sumberrejo Bojonegoro. al Akhbār: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 85-94.
Habibah, S. (2021). Relevansi Manusia Multidimensi Murtadha Muthahhari Bagi Pendidikan Islam. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 4(2), 152-169.
Melanda, S. O., Mahmudah, Y., Habibah, S., & Junaidi, M. (2021). PELATIHAN HOME INDUSTRI SAYURAN BAYEM UNTUK DIJADIKAN MAKANAN KHAS DI DESA BAYEMGEDE KEC. KEPOHBARU. Jurnal Pengabdian Masyarakat: BAKTI KITA, 2(1), 16-20.
Jauhari, A. Z., Sholikhah, K., & Ayu, I. (2024). Strategi Pola Asuh Orang Tua Milenial untuk Mencegah Pelecehan Seksual Di Desa Setrohadi Kecamatan Duduk Sampeyan Kabupaten Gresik. Jurnal Murid, 1(3), 187-192.
Putra, A. T., Futaqi, S., & Sholikhah, K. (2024). FENOMENA KENAKALAN REMAJA DAN ALTERNATIF PENANGGULANGANNYA DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI MADRASAH ALIYAH SABILUL MUTTAQIN MARGOAGUNG KECAMATAN SUMBERREJO KABUPATEN BOJONEGORO. Jurnal Murid, 1(3), 211-220.
Amalia, N., Sholikhah, K., & Shoimah, R. N. (2024). ANALISIS HABITUALISASI PROGRAM SMART DAILY PASSWORD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER SISWA di SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH SUGIO LAMONGAN. Jurnal Murid, 1(3), 193-200.
Hidayah, U., & Sholikhah, K. (2024). PLURALITAS BUDAYA BERAGAMA MAHASISWA; PENDEKATAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Dar el-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 11(1), 36-50.
Sholikhah, K., Najah, S., Jauhari, A. Z., & Herliana, F. (2024). Training On How to Quickly Memorize The Qur'an Through The Taqriroh Method At TPQ Nurul Amal Lamongrejo Village. Shof Journal of Social Impact, 1(1), 14-23.
Habibah, S., Junaidi, M., & Sholikhah, K. (2024). IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDI AR-ROUDLOH MIRU SEKARAN LAMONGAN. Dar el-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 11(1), 1-20.
Sholikhah, K., Hidayah, U., & Rikza, V. R. A. (2024). ANALISIS NILAI-NILAI ASWAJA DALAM KONTEKS MODERASI BERAGAMA: STUDI KASUS DI SMP NU SIMO KARANGGENENG. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(1), 60-73.
Sholihah, K., & Shoimah, R. N. (2024). Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al-Quran Di SDN Pangkatrejo. Jurnal Murid, 1(1), 52-59.
Habibah, S., Marazi, H., Wahyuddin, I., Junaidi, M., & Sholikah, K. (2023). The Integration of Nationalism and Religious Education at Islamic Elementary School in Lamongan, East Java. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 6(2), 148-169.
Sholikhah, K., Rasyid, M. H., Ekaningrum, I. R., & Ali, M. (2023). TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DISRUPSI BERBASIS BUDAYA ISLAM NUSANTARA. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 6(2), 192-213.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.