KEHIDUPAN SOSIAL TOKOH PEREMPUAN DALAM NOVEL GADIS YANG MENULIS SURAT SETIAP MALAM KARYA ARAFAT NUR

  • Dwiyanti Agustina SD Negeri Wotanngare I Kalitidu
Keywords: Ketidak Adilan Gender; Feminisme; Novel Yuni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kehidupan sosial tokoh perempuan dalam novel Gadis yang Menulis Surat Setiap Malam karya Arafat Nur dengan menggunakan pendekatan feminisme. Metode yang digunalan dalam peneltiian ini ialah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis. Data utama yang dianalisis adalah teks novel, di mana narasi, dialog, dan penggambaran karakter perempuan dijadikan objek analisis. Penelitian ini juga menggunakan teori feminisme untuk mengungkap bentuk-bentuk ketidakadilan gender yang dialami oleh tokoh perempuan, termasuk subordinasi, marginalisasi, stereotip, dan kekerasan simbolik yang terwujud dalam interaksi sosial mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehidupan sosial tokoh perempuan dalam novel Gadis yang Menulis Surat Setiap Malam didominasi oleh berbagai bentuk ketidakadilan gender yang berakar pada budaya patriarki. Tokoh perempuan dalam novel ini menghadapi keterbatasan dalam menjalani peran-peran sosial mereka, baik sebagai individu maupun bagian dari masyarakat. Namun, melalui surat-surat yang ditulis, mereka berusaha melawan batasan-batasan tersebut dan menyuarakan keinginan mereka untuk kebebasan. Hal ini menunjukkan bahwa novel ini tidak hanya menjadi cerminan realitas sosial perempuan, tetapi juga merupakan kritik sosial terhadap kondisi ketidakadilan gender yang masih relevan di masyarakat Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hapsari, A. D. 2023. Students’ Perception Toward Using Canva In EFL Business Correspondence Class. Edulitics (Education, Literature, and Linguistics) Journal, 8(2), 47-56. https://doi.org/10.52166/edulitics.v8i2.5268
Huda, K. & Purwanti, D. 2023. Improving Students’ Ability In Writing Descriptive Text Using Example Non-Example Method At Eight Class Of SMP Negeri 3 Ngimbang. Edulitics (Education, Literature, and Linguistics) Journal, 8(1), 45-51. https://doi.org/10.52166/edulitics.v8i1.4540
Ihsan, B., & Nafisa, A. Z. (2021). Analisis Wacana Kritis Pada Kumpulan Esai Muslim Tanpa Masjid Karya Kuntowijoyo. Jurnal Hasta Wiyata Vol, 4(1).
Marzuqi, I., Azar, M. A. S., Khabib, S., & Putri, N. E. (2022). Pengembangan Permainan Tradisional Terhadap Pembentukan Karakter Anak Sebagai Wujud Pengabdian Masyarakat Di Desa Warungering, Lamongan. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 183-188.
Rahmawati, Z. D., & Ihsan, B. (2022). Pengembangan Potensi Kreativitas Siswa Sekolah Luar Biasa. Jurnal Pengabdian Masyarakat: BAKTI KITA, 3(2), 19-28.
Sukowati, I., Masrur, M. E., Sariban, S., & Ihsan, B. (2024). Representasi Permasalahan Politik Di Bojonegoro Pada Headline Berita Periode Triwulan Pertama 2024 Di Radar Bojonegoro (Analisis Wacana Kritis). EDU-KATA, 10(2), 18-29.
Published
2024-09-18