PENGARUH TERJADINYA KETIDAKADILAN GENDER DALAM NOVEL YUNI KARYA ADE UBAIDIL

  • Heny Sulistyowati SD Negeri Wadang II Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro
Keywords: Ketidak Adilan Gender; Feminisme; Novel Yuni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh terjadinya ketidakadilan gender dalam novel Yuni karya Ade Ubaidil. Ketidakadilan gender menjadi isu sosial yang kerap terjadi dalam kehidupan nyata dan direfleksikan dalam karya sastra. Novel Yuni menyoroti berbagai bentuk ketidakadilan yang dialami oleh tokoh utamanya, Yuni, seorang perempuan muda yang hidup dalam masyarakat yang masih kental dengan norma-norma patriarkal. Penelitian ini berfokus pada penggambaran ketidakadilan gender, termasuk diskriminasi, stereotip, subordinasi, dan kekerasan berbasis gender, serta dampaknya terhadap perkembangan karakter dan alur cerita.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketidakadilan gender dalam novel Yuni sangat memengaruhi perkembangan karakter dan alur cerita. Yuni, sebagai tokoh utama, harus menghadapi berbagai bentuk ketidakadilan yang menghalangi kebebasan dan pilihannya sebagai perempuan. Melalui karakter Yuni, novel ini berhasil menggambarkan kompleksitas ketidakadilan gender yang berakar dalam struktur sosial masyarakat patriarkal. Pengalaman Yuni tidak hanya mencerminkan pengalaman individu, tetapi juga merupakan kritik sosial terhadap ketidakadilan yang dialami oleh perempuan di masyarakat Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bisarul Ihsan dan Aulia Zuhrufi Nafisa. 2021. “Analisis Wacana Kritis Pada Kumpulan Esai Muslim Tanpa Masjid Karya Kuntowijoyo.” Hasta Wiyata 04(01): 50–57. doi:10.21776/ub.hastawiyata.2021.004.01.05.
Khulel, Buyun. 2022. “Improving Students’ Writing Skill through Project-Based Learning, Process Writing, and Instagram.” IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application) 5(1). doi:10.31764/ijeca.v5i1.7601.
Marzuqi, Iib, Taufiq Darmawan, and Dwi Sulistiyorini. 2024. “NOVEL SAMPAH DI LAUT, MEIRA KARYA MAWAN BELGIA (PERSPEKTIF EKOKRITISISME).” Jurnal Metamorfosa 12(1). doi:10.46244/metamorfosa.v12i1.2403.
Rohim, Abdur, and Imam Rofiki. 2024. “Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal AKM Numerasi.” Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika 4(1): 183–93. doi:10.51574/kognitif.v4i1.893.
Seliro Wangi, Nisaul Barokati, and Muh Barid Nizarudin Wajdi. 2022. “Gamification: An Effective Strategy for Developing Soft Skills and STEM in Students.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama 14(1). doi:10.37680/qalamuna.v14i1.4650.
Sukowati, Ida. 2014. “Tinjauan Semiotik Terhadap Makna Simbolik Relief Lalitavistara Pada Candi Borobudur.” BASTRA 1(1).
Sutardi, Sutardi, and Ernaningsih Ernaningsih. 2022. “PROSES KREATIF MENULIS USAHA INTERPRETASI NILAI PENDIDIKAN DALAM KARYA SASTRA.” PENTAS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 8(1). doi:10.52166/pentas.v8i1.3286.
Annaqib, M., Suradji, M., & Suniyah, S. L. (2024). UPAYA MEMINIMALISIR KENAKALAN REMAJA MELALUI KEGIATAN KEROHANIAN ISLAM DI MTS RAUDLATUL MUTA’ALLIMIN SAWAHREJO, MOROPELANG, BABAT, LAMONGAN. Jurnal Murid, 1(3), 250-257.
Putri, E. N. A., Nikmah, K., & Suradji, M. (2024). ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB ANAK MELALUI PEMBIASAAN KEGIATAN SEHARI-HARI DI DESA SUNGELEBAK. Jurnal Murid, 1(3), 221-231.
Ula, H., Suradji, M., & M̤ṳk̤h̤l̤a̤s̤, M. (2024). MANAJEMEN PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL SISWA DI ERA DISRUPSI INFORMASI. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(2), 349-362.
Suradji, M., Tamaji, S. T., & Anom, M. D. (2024). THE ROLE OF GUIDANCE COUNSELING TEACHERS IN DEALING WITH ACTION BULLYING AT MTs PUTRA PUTRA SIMO. HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 16(2), 92-98.
Suradji, M., Shoimah, R. N., Arrasyidah, N., Pratomo, G. S., & Romadhoni, F. (2024). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PRODUKTIVITAS PERTANIAN MELALUI HIDROPONIK DI DESA BRONJONG. Jurnal Pengabdian Masyarakat: BAKTI KITA, 5(1), 82-90.
Suradji, M., & Latifah, E. N. (2024). IMPLEMENTASI P5 DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DI SDN SUMBERAGUNG BRONDONG. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(1), 166-174.
Suradji, M., Futaqi, S., & Hudi, M. (2024). Strengthening the Capacity of Social Welfare Institutions for Service Quality to Orphans, the Elderly and the Disabled. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 314-324.
Sa'diyah, U., Suradji, M., Tamaji, S. T., & Fauziyah, N. R. (2024). The Effect of Implementing Project Based Learning Assisted by Manipulative Learning Media on Elementary School Students Understanding. AJER: Advanced Journal of Education and Religion, 1(1), 53-61.
Suradji, M., Hudi, M., Musyafa, A. A., Muhyidin, A., & Rohmah, N. M. (2023). Optimalisasi Bantaran Sungai Sebagai Wisata Waduk Edukatif Di Desa Simorejo Widang Tuban. Abdi Wiralodra: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 200-209.
Suwarno, S., Chasanah, U., Suradji, M., & Harahap, A. Y. M. (2023). SHARI'AH TOURISM ISLAMIC BOARDING SCHOOL MODEL (Case Study of Salafiah Biharu Bahri Asali Fadlailir Rahmah Islamic Boarding School Malang). Jurnal As-Salam, 7(1), 42-56.
Suradji, M., Priyantono, E., & Tamaji, S. T. (2023). Penerapan Metode Dzikrulloh dalam Mengembangkan Akhlaqul Karimah Anak Didik Ponpes TQN Suryalaya Surabaya. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 6(2), 393-400.
Rubaik, R. C., Suradji, M., & Tamaji, S. T. (2023). Penerapan Strategi Active Learning Tipe Everyone Is A Teacher Here dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran SKI. Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan, 7(01), 24-47.
Published
2024-08-10