KLASIFIKASI EMOSI DAN NILAI KARAKTER TOKOH PADA FILM MANGKUJIWO KARYA DIRMAWAN HATTA DAN ERWANTO APHADULLAH (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA)
Abstract
Sastra dan psikologi dapat bersimbiosis dalam perannya terhadap kehidupan karena keduanya memiliki fungsi dalam hidup ini. Karena sastra adalah tempat bagi pengarang dalam meluapkan pikiran, perasaan atau emosi. Emosi merupakan reaksi tubuh saat menghadapi situasi tertentu. Sifat dan intensitas emosi sangat memiliki kaitan erat dengan aktifitas berfikir (kognitif) manusia sebagai hasil persepsi terhadap situasi yang dialaminya. Reaksi terhadap hadirnya emosi, disadari atau tidak emosi memiliki dampak yang membangun atau merusak. Nilai karakter merupakan tolak ukur baik benar atau tidaknya tindakan seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui klasifikasi emosi serta nilai karakter pada tokoh dalam film Mangkujiwo karya Dirmawan Hatta dan Erwanto Aphadullah dengan menggunakan kajian psikologi sastra. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan yaitu teknik pengamatan dan teknik catat dengan mengumpulkan data-data yang berhubungan dengan emosi dan nilai karakter. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu mencermati data, membaca dan memahami kembali dengan teliti hasil catatan yang telah diperoleh pada film, menyusun data berdasarkan klasifikasi data yang telah diperoleh, menginterpretasikan atau menafsirkan data yang telah diklasifikasikan sebelumnya, menarik kesimpulan yangmerupakan jawaban dari analisis. Penelitian ini mendapat dua temuan yang terdiri dari klasifikasi emosi dan nilai karakter tokoh. Dari data yang ditemukan terdapat 25 data yang terdiri atas 14 klasifikasi emosi dan 11 data nilai karakter tokoh dalam film Mangkujiwo. Dengan adanya hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan untuk belajar dalam mengenal dan peka terhadap emosi serta memupuk nilai karakter baik.
Downloads
References
Amminudin. 2009. Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung:Sinar Baru Algesindo.
Anggara, M., & Sanulita, H. (2015). Klasifikasi Emosi Tokoh dalam Novel Sang Raja Jin Karya Irving Karchmar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(9). (Diakses pada 25 April 2024)
Diah Agustina, D. (2017). Klasifikasi Emosi Tokoh Dalam Drama Priceless Karya Suzuki Masayuki Kajian Psikologi Sastra (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).
Endraswara, Suwardi. 2011. Metode Penelitian Psikologi Sastra Teori, Langkah dan Penerapannya. Jakarta: PT. Buku Kita.
Hapsari, A. D. 2023. Students’ perception toward using Canva in EFL business correspondence class. Edulitics (Education, Literature, and Linguistics) Journal, 8(2), 47-56. https://doi.org/10.52166/edulitics.v8i2.5268
Huda, K. & Purwanti, D. 2023. Improving students’ ability in writing descriptive text using Example Non-Example method at eight class of SMP Negeri 3 Ngimbang. Edulitics (Education, Literature, and Linguistics) Journal, 8(1), 45-51. https://doi.org/10.52166/edulitics.v8i1.4540
Irmayani, I., & Masruroh, U. (2023). Supportive teacher talk features to promote students’ responses in EFL classroom. Education and Human Development Journal, 8(1), 26–37. https://doi.org/10.33086/ehdj.v8i1.3565
Wangi, N. B. S., & Wajdi, M. B. N. 2022. Gamification: An effective strategy for developing soft skills and stem in students. Qalamuna -Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 14(1), 663-676.https://doi.org/10.37680/qalamuna.v14i1.4650
Sofeny, D., Tasaufy, F. S., & Rahmawati, A. 2024. Boosting the English vocabularies through “Cublak-Cublak Suweng” for young learners in hybrid classroom. PROJECT (Professional Journal of English Education), 7(2), 343-350. https://doi.org/10.22460/project.v7i2
Zahro, S. K. (2023). Alternative feedback through screencast: Action research practices and perception on academic writing classroom. English Review: Journal of English Education, 11(1), 37-46. https://doi.org/10.25134/erjee.v11i1.6886
Khulel, B. 2022. Improving students’ writing skill through project-based learning, process writing, and Instagram. IJECA (International Journal of Education & Curriculum Application), 5(1), 25-35. https://doi.org/10.31764/ijeca.v5i1.7601
Rohim, A., & Rofiki, I. (2024). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal AKM Numerasi. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 183-193.
Aini, K. N., & Hidayah, N. (2024). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Florence Littauer. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 1916-1922.
Haryono, H. E., Almubarokah, N. H., & Ardianti, A. D. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbasis Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Fisika: The Use of a Cooperative Learning Model, Teams Games Tournament Type Based on Concept Maps on Physics Learning Outcomes. Jurnal Kreatif Online, 11(4), 1-8.
Ardiyansah, A. A., Arifin, Z., & Asmana, A. T. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK dalam Pembelajaran Discovery Learning Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 7(2), 25-33.
Asmana, A. T., Rohim, A., Aini, K. N., & Winata, V. P. (2023). Development of Problem-Based Learning-Based Independent Curriculum LKPD to Improve Students' HOTS. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(4), 1415-1436.
Faridah, L., Siswono, T. Y. E., & Sulaiman, R. (2024, February). The use of multiple representations in improving the understanding of the fraction concept of junior high school students in terms of gender. In AIP Conference Proceedings (Vol. 3046, No. 1). AIP Publishing.
Amiroch, S., Chang, H., Jamhuri, M., & Yulianto, T. (2024, July). Vertex coloring in graphs: A novel approach to nutritional menu planning. In AIP Conference Proceedings (Vol. 3176, No. 1). AIP Publishing.
Halim, A. (2024). Strategy for Strengthening Multicultural Competence of Islamic Religious Education Teachers. EDU-RELIGIA: Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya, 7(1), 90-105.
Halim, A. (2023). Internalization of Islamic Boarding School Life Values in Forming Multicultural Attitudes of Santri. EDU-RELIGIA: Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya, 6(1), 104-115.
Anam, M. K., & Halim, A. (2023). Implementasi Pembacaan Asmaul Husna Dalam Membentuk Karakter Islami Pada Siswa MTs Al-Azhar Menganti Gresik. Jurnal Pendidikan Agama Islam Miazhar, 2(2), 51-57.
Halim, A. (2022). Model Pembelajaran Multikulturalisme Guru Pendidikan Agama Islam. Chalim Journal of Teaching and Learning, 2(1), 66-76.
Halim, A. (2023). Sikap Multikultural Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Andragogi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 86-102.
Halim, A., & Maskuri, M. (2021). Kompetensi Multikultural Guru Pendidikan Agama Islam. Pendidikan Multikultural, 5(1), 120-137.
Aninas, V. A., & Suryani, K. (2024). Strengthening of Profil Pelajar Pancasila in the Dimension of Gotong Royong in the Digital Era through Project Based Learning at MAN 2 Lamongan. AJER: Advanced Journal of Education and Religion, 1(3), 240-250.
Manidhom, F. M., Suryani, K., & Umroh, I. L. (2024). Peran Guru Pesantren dalam Tranformasi Etika Santri Melalui Pembelajaran Kitab Ta'lim Muta’allim di Pondok Pesantren Raudlatul Muttaqin Talun Sidogembul Sukodadi Lamongan. AJER: Advanced Journal of Education and Religion, 1(3), 257-268.
Suryani, K. (2023). PROSEDUR RANCANGAN DAN STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Dar el-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 10(2), 151-169.
Sa'adah, H. I., Suryani, K., Purwati, T., Wijayati, S. A., & Rista, D. A. N. (2023). Budidaya Magot sebagai Upaya Pemulihan Perekonomian Masyarakat di Era Covid-19 Desa Sambangrejo, Modo, Lamongan: Magot Cultivation as an Effort to Restore the Community Economy in the Covid-19 Era Sambangrejo Village, Modo, Lamongan. AMALIYYA: Community Empowerment and Development Journal, 1(1), 30-41.
Suryani, K. (2023). KEPALA SEKOLAH/MADRASAH SEBAGAI ADMINISTRATOR DALAM MANAJEMEN PENGAJARAN BAHASA ARAB DI TINGKAT MADRASAH. Dar el-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 10(1), 36-52.
Suryani, K. (2022). HUBUNGAN ILMU PSIKOLINGUISTIK DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Dar el-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 9(2), 133-152.
Suryani, K. (2022). Bahasa Peradaban dan Kebangsaan Dalam Pemikiran Khawarij. Dar el-Ilmi: jurnal studi keagamaan, pendidikan dan humaniora, 9(1), 141-161.
Umroh, I. L., Suryani, K., Sholihah, I. H., Andika, K., & Rihlatulillah, R. (2021). PENDAMPINGAN TERHADAP GURU DALAM MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN INOVATIF DALAM MENARIK MINAT BELAJAR SISWA DI MI NASRUL ULUM KLAGENSRAMPAT PADA MASA PANDEMI COVID-19. As-Sidanah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 193-210.
Suryani, K. (2021). Relasi Asbab al-Nuzul Nasr Hamid Abu Zayd dalam Penafsiran Kontekstual Historis. Dar el-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 8(2), 19-47.
Suryani, K. (2021). Memahami Bahasa Tamsil dalam Al-Qur’an. Dar el-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 8(1), 164-191.
Zahira, T., Habibah, S., & Sun'iyah, S. L. (2024). PERAN GURU TPQ DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SANTRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN (Studi Kasus di TPQ At-Taqwa Sungegeneng, Sekaran, Lamongan). Jurnal Murid, 1(3), 201-210.
Habibah, S., Prabowo, H., Amandari, A. B., & Iswiyanti, A. S. (2024). GAMBARAN PSYCHOLOGICAL CAPITAL PADA KONTINGEN GARUDA. HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 16(2), 83-91.
Habibah, S., Junaidi, M., & Sholikhah, K. (2024). IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDI AR-ROUDLOH MIRU SEKARAN LAMONGAN. Dar el-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 11(1), 1-20.
Habibah, S., Marazi, H., Wahyuddin, I., Junaidi, M., & Sholikah, K. (2023). The Integration of Nationalism and Religious Education at Islamic Elementary School in Lamongan, East Java. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 6(2), 148-169.
Wahyuddin, I., Murtiningsih, S., & Habibah, S. (2023). KEJAHATAN DI MASA PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF FILSAFAT KEHENDAK ARTHUR SCHOPENHAUER (1788-1860). HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 15(2), 77-87.
Rahmaniyah, R., Habibah, S., & Sun'iyah, S. L. (2023). Pengaruh Media Audio Visual dalam Meningkatkan Minat Belajar di MTs 17 Darul Ulum Bali Sukodadi. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 6(1), 53-70.
Habibah, S., & Sa’adah, H. I. (2022). ESENSI PENCIPTAAN ALAM SEMESTA DALAM KONSEP RUANG DAN WAKTU PERSPEKTIF FILSAFAT MUHAMMAD IQBAL. HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 14(2), 88-99.
Habibah, S. (2022). Contribution of Rural Sufism for Strengthening Pancasila Values; Case Study of the Qadiriyah-Naqsabandiyah Congregation in Lamongan. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 33(1), 17-34.
Purwaningsih, A., Habibah, S., & Sa’adah, H. I. (2022). Pengaruh Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Hafalan Mufrodat Siswa Kelas III MI Islamiyah Tlogohaji Sumberrejo Bojonegoro. al Akhbār: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 85-94.
Habibah, S. (2021). Relevansi Manusia Multidimensi Murtadha Muthahhari Bagi Pendidikan Islam. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 4(2), 152-169.
Melanda, S. O., Mahmudah, Y., Habibah, S., & Junaidi, M. (2021). PELATIHAN HOME INDUSTRI SAYURAN BAYEM UNTUK DIJADIKAN MAKANAN KHAS DI DESA BAYEMGEDE KEC. KEPOHBARU. Jurnal Pengabdian Masyarakat: BAKTI KITA, 2(1), 16-20.
Jauhari, A. Z., Sholikhah, K., & Ayu, I. (2024). Strategi Pola Asuh Orang Tua Milenial untuk Mencegah Pelecehan Seksual Di Desa Setrohadi Kecamatan Duduk Sampeyan Kabupaten Gresik. Jurnal Murid, 1(3), 187-192.
Putra, A. T., Futaqi, S., & Sholikhah, K. (2024). FENOMENA KENAKALAN REMAJA DAN ALTERNATIF PENANGGULANGANNYA DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI MADRASAH ALIYAH SABILUL MUTTAQIN MARGOAGUNG KECAMATAN SUMBERREJO KABUPATEN BOJONEGORO. Jurnal Murid, 1(3), 211-220.
Amalia, N., Sholikhah, K., & Shoimah, R. N. (2024). ANALISIS HABITUALISASI PROGRAM SMART DAILY PASSWORD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER SISWA di SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH SUGIO LAMONGAN. Jurnal Murid, 1(3), 193-200.
Hidayah, U., & Sholikhah, K. (2024). PLURALITAS BUDAYA BERAGAMA MAHASISWA; PENDEKATAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Dar el-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 11(1), 36-50.
Sholikhah, K., Najah, S., Jauhari, A. Z., & Herliana, F. (2024). Training On How to Quickly Memorize The Qur'an Through The Taqriroh Method At TPQ Nurul Amal Lamongrejo Village. Shof Journal of Social Impact, 1(1), 14-23.
Habibah, S., Junaidi, M., & Sholikhah, K. (2024). IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDI AR-ROUDLOH MIRU SEKARAN LAMONGAN. Dar el-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 11(1), 1-20.
Sholikhah, K., Hidayah, U., & Rikza, V. R. A. (2024). ANALISIS NILAI-NILAI ASWAJA DALAM KONTEKS MODERASI BERAGAMA: STUDI KASUS DI SMP NU SIMO KARANGGENENG. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(1), 60-73.
Sholihah, K., & Shoimah, R. N. (2024). Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al-Quran Di SDN Pangkatrejo. Jurnal Murid, 1(1), 52-59.
Habibah, S., Marazi, H., Wahyuddin, I., Junaidi, M., & Sholikah, K. (2023). The Integration of Nationalism and Religious Education at Islamic Elementary School in Lamongan, East Java. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 6(2), 148-169.
Sholikhah, K., Rasyid, M. H., Ekaningrum, I. R., & Ali, M. (2023). TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DISRUPSI BERBASIS BUDAYA ISLAM NUSANTARA. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 6(2), 192-213.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.