PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DI KELAS V SDN SIMOMULYO 1 SURABAYA

  • Nur Haliza Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Syamsul Ghufron Universitas Nahdaltul ulama Surabaya
  • Suharmono Kasiyun Universitas Nahdaltul ulama Surabaya
  • Dewi Widiana Rahayu Universitas Nahdaltul ulama Surabaya
Keywords: Model Problem Based Learning (PBL), Menulis Puisi

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan peserta didik dalam menulis puisi dan kurang aktifnya peserta didik dalam pembeljaran serta masih berpusatnya pembelajaran pada pendidik. Pada penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) (2) menganalisis puisi peserta didik melalui model pembelajaran Problem Basek Learning (PBL) di kelas V SDN Simomulyo I Surabaya. Subjek pada penelitian ini berupa siswa kelas V SDN Simomulyo I Surabaya dengan jumlah 30 siswa, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengambilan data pada penelitian ini berupa observasi. Data pada penelitian ini didapatkan dari hasil puisi yang di tulis pada LKPD menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Hasil dari analisis puisi pada peserta didik kelas V SDN Simomulyo I Surabaya dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dari 10 pantun yang dianalisis, ada 7 pantun yang sesuai dengan aturan penulisan pantun dan ada 3 pantun yang belum sesuai dengan aturan penulisan pantun. Ketidaksesuaian itu terjadi karena hanya terdapat 4 suku kata pada setiap baris pantun. Puisi siswa kelas V SDN Simomulyo I Surabaya  sudah menggunakan pencitraan dan bahasa figuratif. Pencitraan yang digunakan dalam puisi siswa meliputi penglihatan, pendengaran, penciuman, perabaan, dan pencecapan. Adapun bahasa figuratif atau gaya bahasa yang digunakan siswa meliputi perbandingan, personifikasi, metafora, dan repetisi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, B. J. P. R., Karma, I. N., & Musaddat, S. (2022). Analisis Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN 43 Ampenan Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 776–784. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.340
Dwi, L. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Menggunakan Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(1), 1–4. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i1.94
Ghufron, S., Nafi’ah, R. I., Markub, M., & Nafiah, N. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Narasi Berdasarkan Teks Wawancara Melalui Pendekatan PAIKEM. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 89–101. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4506
Lebu, H., Wardiah, D., & Indasari, M. (2020). Analisis Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas V Sd. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(2), 86–96. https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2934
Meilasari, S., Damris M, D. M., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849
Setyawati, S., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 184–195. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i2.209
Sugiyono, D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Uno, H. B., & Nurdin, M. (2022). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.
UURI No. 20. (2003). UU RI No. 20/2003, 1, 1–5. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjWxrKeif7eAhVYfysKHcHWAOwQFjAAegQICRAC&url=https%3A%2F%2Fwww.ojk.go.id%2Fid%2Fkanal%2Fpasar-modal%2Fregulasi%2Fundang-undang%2FDocuments%2FPages%2Fundang-undang-nomo
Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Published
2023-02-28
Section
Articles