Pengaruh Metode Sugestopedia terhadap Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas V SD Negeri Penjaringansari II/608 Surabaya

  • Qurrotu A'yunin Universitas Nahdaltul ulama Surabaya
  • Syamsul Ghufron Universitas Nahdaltul ulama Surabaya
  • Rudi Umar Susanto Universitas Nahdaltul ulama Surabaya
  • Akhwani Akhwani Universitas Nahdaltul ulama Surabaya
Keywords: Metode sugestopedia, pembelajaran, motivasi, dan menulis puisi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan menulis puisi siswa di kelas IV sekolah dasar. adapun tujuan khusus penelitian ini diperinci dalam tiga hal yakni: (1) Mendeskripsikan keterampilan menulis puisi sebelum diterapkan metode sugestopedia, (2) Mendeskripsikan keterampilan menulis puisi sesudah penerapan metode sugestopedia, dan (3) Membuktikan ada tidaknya metode sugestopedia terhadap keterampilan menulis puisi. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan wawancara. instrumen penelitian ini adalah tes dan aspek penilaian keterampilan menulis puisi serta pedoman wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Penjaringansari II/608 Surabaya yag terdiri atas kelas A dan B yang berjumlah 72 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas V B yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengambilan sampel berupa teknik random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif yang diwujudkan dalam benuk tabel distribusi frekuensi dan statistik deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri Penjaringansari II/608 Surabaya masih tergolong rendah. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut ini. (1) Kemampuan menulis puisi siswa sebelum menggunakan metode sugestopedia tergolong kurang karena nilai rata-rata kelas 59,18. (2) Kemampuan menulis puisi siswa sesudah menggunakan metode sugestopedia tergolong dengan nilai rata-rata 87,35 pada kualifikasi baik. (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode sugestopedia terhadap keterampilan menulis puisi thitung 16,410 > ttabel 2,028. Dengan kata lain, H1 diterima dan H0 ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ghufron, S., Nafi’ah, R. I., Markub, M., & Nafiah, N. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Narasi Berdasarkan Teks Wawancara Melalui Pendekatan PAIKEM. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 89–101. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4506
Permana, D., & Indihadi, D. (2018). Penggunaan Media Gambar terhadap Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 5(1), 193–205.
Prasetya, D., & Safitri, K. (2016). Metode Suggestopedia Sebagai Alternatif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(3), 868.
Rahmawati, et al. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 4, 5–24.
Sakti, M., & Yulianeta. (2019). Perbandingan Implementasi Metode Suggestopedia Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Dan Cerpen. Prosiding Seminar Internasional Riksa Bahasa XII, 53(9), 1689–1699.
Satrio, J. D., Supriyono, & Maryova, F. (2022). Pengaruh Metode Sugestopedia terhadap Kemampuan Menulis Puisi pada Kelas X SMA Taman Siswa Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1–9.
Published
2023-02-28
Section
Articles