PENGEMBAGAN BAHAN AJAR MATERI TEKS PROSEDUR DENGAN MODEL MIND MAPPING

  • Arief Irwan Hermawan unisda
Keywords: Pengembangan, bahan ajar, teks prosedur kompleks, Mind Mapping

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangankan bahan ajar materi teks prosedu kompleks dengan model Mind Mapping. Model pengembangan yang digunakan adalah PPE (Planning, Production, Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari 20 siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Lamongan. Hasil penelitian berupa buku teks pelengkapan pada materi teks prosedur kompleks. Instrumen uji kevalidan berupa lembar angket penilaian valiadasi oleh dosen ahli dan guru, uji keefektifan berupa pemberian soal pre-test dan post-test dan angket respons siswa terhadap penggunaan bahan ajar, dan uji kepraktisan berdasarkan pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan akitivtas belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa uji validasi diperoleh persentase 84.07% dengan kategori sangat layak, uji keefektifan bahan ajar diperoleh dari hasil pretest diperoleh nilai rata-rata 78.8 dan hasil posttest diperoleh nilai rata-rata 99.9, dan uji keraktisan berdasarkan pengamatan keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rata-rata persentase 86.25% kategori sangat baik, sedangkan pada hasil pengamatan aktivitas belajar diperoleh nilai rata-rata 85.83% dengan kategori sangat baik.  Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan “sangat layak” digunakan oleh guru sebagai variasi bahan pembelajaran di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Novitasari, N. T., & Shodikin, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Soal Cerita Barisan dan Deret Aritmetika. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 153-162.
Published
2022-02-18
Section
Articles