PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI TEKS EKSPOSISI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

  • anna aries Diyati Masfufah Universitas Islam Darul 'Ulum
  • Mustofa Mustofa Universitas Islam Darul 'Ulum
  • Iib Marzuqi Universitas Islam Darul 'Ulum
  • Bisarul Ihsan Universitas Islam Darul 'Ulum
Keywords: pengembangan, bahan ajar, teks eksposisi, pendekatan kontekstual

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan bahan ajar materi teks eksposisi dengan pendekatan kontekstual ditinjau dari : (1) validasi ahli desain, dan validasi ahli materi, (2) uji keefektifan guru, dan (3) uji kepraktisan siswa. Untuk subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Terpadu Nurul Ummah Sukomalo Kedungpring Lamongan. Sedangkan dalam pengamatan aktivitas terdiri dari 20 siswa. Hasil penelitian ini ialah bahan ajar teks eksposisi dengan pendekatan kontekstual menadapat nilai rata-rata kevalidan dari ahli materi/isi dan ahli desain sebesar 94,9% dengan kategori sangat baik. Bahan ajar teks eksposisi dengan pendekatan kontekstual mendapatkan nilai dari uji coba keefektifan sebesar 98,8% dengan kategori sangat baik. Bahan ajar teks eksposisi dengan pendekatan kontekstual mendpatakan nilai dari uji coba kepraktisan setelah dirata-rata dengan menambahkan skor yang diperoleh lalu membagi jumlah siswa, dan mendapatkan nilai sebesar 95,5% dengan kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mustofa, M., & Ihsan, B. (2021). Pembelajaran Keterampilan Menulis Naskah Drama dengan Media Gambar pada Siswa SMA NU-1 Model Sungelebak Karanggeneng Lamongan. Jurnal Metamorfosa, 9(2), 101-121.
Novitasari, N. T., & Shodikin, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Soal Cerita Barisan dan Deret Aritmetika. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 153-162.
Listriani, N. D., & Aini, K. N. (2019). PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN HANDS ON ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN RASA INGIN TAHU SISWA. INSPIRAMATIKA, 5(1), 50-61.
Published
2022-02-07
Section
Articles