PROFIL KEMAMPUAN PENALARAN INDUKTIF SISWA MA KEBET LAMONGAN PADA MATERI PERPANGKATAN DAN BENTUK AKAR

  • Ayu Lestari Universitas Islam Darul Ulum lamongan
  • Ali Shodikin Universitas Islam Darul ‘Ulum

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengetahui profil kemampuan penalaran induktif yang dapat diperoleh sesuai dengan kemampuan siswa. Kemampuan penalaran induktif siswa perlu dikembangkan untuk memberikan pengalaman dalam membuktikan suatu teorema yang sering ditemukan dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X MA Sunan Ampel Kebet Lamongan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes dan wawancara. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk menjelaskan jawaban, siswa masih menggunakan argument mereka sendiri. Untuk generalisasi rumus, siswa dapat menemukan rumus umum dan belum mampu menemukan jawaban akhir. Siswa belum mampu menjelaskan kembali maksud dari masalah tersebut dengan lengkap, baik informasi yang diberikan dan yang ditanyakan pada soal. Tetapi, siswa mampu membandingkan kesesuaian informasi yang diperoleh dengan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengetahui profil kemampuan penalaran induktif yang dapat diperoleh sesuai dengan kemampuan siswa. Kemampuan penalaran induktif siswa perlu dikembangkan untuk memberikan pengalaman dalam membuktikan suatu teorema yang sering ditemukan dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X MA Sunan Ampel Kebet Lamongan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes dan wawancara. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk menjelaskan jawaban, siswa masih menggunakan argument mereka sendiri. Untuk generalisasi rumus, siswa dapat menemukan rumus umum dan belum mampu menemukan jawaban akhir. Siswa belum mampu menjelaskan kembali maksud dari masalah tersebut dengan lengkap, baik informasi yang diberikan dan yang ditanyakan pada soal. Tetapi, siswa mampu membandingkan kesesuaian informasi yang diperoleh dengan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya.
Published
2021-06-29