MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT

  • SAMPIRIL TAURUS TAMAJI UNIVERSITAS ISLAM DARUL ÚLUM LAMONGAN

Abstract

ABSTRAK

Artikel ilmiah ini adalah hasil penelitian studi pustaka (library research), yang berjudul media pembelajaran berbasis IT. Penelitian untuk menjelaskan tentang pengertian media pembelajaran dan pengertian komputer sebagai media pembelajaran

Data penelitian ini diperoleh dari beberapa kitab atau buku literatur yang mengungkapkan tentang evaluasi pembelajaran Bahasa arab berbasis hots. Penelitian tersebut di analisis menggunakan Teknik deskriptif analitis.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwasannya Aplikasi komputer dalam bidang pembelajaran memungkinkan berlangsungnya proses belajar secara individual (individual learning). Pemakai komputer atau user dapat melakukan interaksi langsung dengan sumber informasi. Perkembangan teknologi komputer jaringan (computer network/Internert) saat ini telah memungkinkan pemakainya melakukan interaksi dalam memperoleh pengetahuan dan informasi yang diinginkan. Berbagai bentuk interaksi pembelajaran dapat berlangsung dengan tersedianya medium komputer. Beberapa lembaga Pendidikan jarak jauh di sejumlah negara yang telah maju memanfaatkan medium ini sebagai sarana interaksi. Pemanfaatan ini didasarkan pada kemampuan yang dimiliki oleh komputer dalam memberikan umpan balik (feedback) yang segera kepada pemakainya. Media berbasis komputer memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam pendidikan dan pelatihan. Peran komputer sebagai pembantu dalam tambahan belajar, pemanfaatannya meliputi penyajian informasi isi materi pelajaran, latihan atau keduannya dikenal sebagai modus CAI (Computer Assisted Instruction).

Kata kunci: Media Pembelajaran Berbasis IT

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-28
Section
Articles