PEMBELAJARAN VOKAL BERBASIS MASALAH PADA ANAK USIA DINI DI TIRANDO MUSIC EDUCATION SURABAYA

  • Zakiyyah Ajeng Widiastuti Universitas Negeri Surabaya, FBS, Jurusan Sendratasik Prodi Pendidikan Sendratasik
Keywords: Pembelajaran, Vokal, Berbasis Masalah, Anak Usia Dini, Hasil Pembelajaran

Abstract

Tirando Music Education merupakan lembaga kursus musik yang berada di Surabaya. Tirando memiliki pengajar yang ahli di bidangnya dikarenakan semua pengajar di Tirando diharuskan untuk memiliki latar belakang pendidikan Musik. Program belajar di Tirando Music Education terdiri berbagai instrumen seperti piano, keyboard, saxophone, gitar, trumpet, violin, drum dan juga vokal. Semua program pembelajaran diperuntukkan bagi seluruh kalangan usia.  Salah satu rentang usia yang menjadi mayoritas peserta didik di Tirando Music Education, adalah anak usia dini.   Anak usia dini adalah anak – anak dengan rentang usia 0 – 8 tahun yang masih berada dalam proses tumbuh kembang, serta memiliki karakteristik sifat yang khusus dan unik sehingga memerlukan perhatian khusus saat proses pembelajaran. Sebagian besar peserta didik  usia dini di Tirando, mengambil instrumen vokal dikarenakan dianggap paling praktis, dapat langsung dipraktekkan, sesuai dengan keadaan fisik, dan  tidak perlu memiliki alat musik terlebih dahulu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran berbasis masalah di Tirando Music Education beserta hasil pembelajarannya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara terstrukur, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara sistematis meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil pembahasan menyatakan bahwa pembelajaran vokal berbasis masalah dinilai efektif dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi masing – masing peserta didik (mood, konsentrasi, kurang percaya diri, intonasi, artikulasi, power, tempo, pernapasan, dinamika, dan hafalan lirik). Hal ini dikarenakan  beragam cara dan solusi yang diterapkan membuat pengajar tidak menggeneralisir permasalahan peserta didik dan lebih fokus kepada masing – masing individu yang kemudian berdampak pada meningkatnya hasil pembelajaran peserta didik pada setiap pertemuan dengan berbagai indikator meliputi (postur badan, teknik nafas, pemenggalan kata, ketepatan nada, artikulasi/pengucapan, dinamika, membaca notasi angka/balok, ekspresi/penjiwaan, tempo dan power). Penilaian dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata peningkatan pada anak dari penilaian awal hingga penilaian akhir adalah 4,4 dan tiap pertemuan kedua adalah 4,7 dan pertemuan ketiga adalah 4,1. Dari data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran vokal pada anak usia dini di Tirando Music Education memiliki kualitas yang baik dan pengajar berhasil menerapkan solusi – solusi bagi setiap permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.
Armstrong, T. (2002). Setiap anak cerdas!: panduan membantu anak belajar dengan memanfaatkan multiple intelligence-nya. Gramedia Pustaka Utama.
Davis, G. A. (2012). Anak berbakat dan pendidikan keberbakatan. PT Indeks.
Gagne, R. M., Briggs, L. J., & Wager, W. W. (1979). Principles of Instructional Design NY. Holt.
Jamalus, D. (1988). Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
Munandar, U. (2010). Anak-Anak Berbakat Pembinaan dan Pendidikannya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 22.
Robert, B., & Taylor, S. J. (1992). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional, 104, 104.
Sihombing, F. (2015). Teknik Bernyanyi Paduan Suara Beata Voce SD Santo Anthonius Medan Dalam Membawakan Lagu I Will Sing With The Spirit Karya John Rutter.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sujiono, Y. N. (2009). Konsep dasar pendidikan anak usia dini.
Suprianto, E. D. I. (2019). Pembelajaran Apresiasi Seni Rupa Berbasismasalah Problembased Learning) Padapeserta Didikkelas Viii Smpnegeri 3 Bissappukabupaten Bantaeng. Universitas Negeri Makassar.
Suryana, D. (2014). Hakikat anak usia dini. Dasar-Dasar Pendidikan TK, 1, 5–10.
Tida, B. E. P., & Yanuartuti, S. (2020). Buku Suplemen Pembelajaran Vokal Untuk Tirando Music Education. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 9(2), 193–205. Https://Doi.Org/10.26740/Jps.V9n2.P193-205
Published
2023-08-05
Section
Articles