HUBUNGAN KETERAMPILAN MEMAINKAN INSTRUMEN MUSIK DENGAN APRESIASI MUSIK SENI BUDAYA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEMBANGBAHU LAMONGAN

  • Choridatu Zuhriyah Jannah Universitas Negeri Surabaya, FBS, Jurusan Sendratasik Prodi Pendidikan Sendratasik
Keywords: Hubungan, Keterampilan Memainkan Instrumen Musik, Apresiasi Musik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan keterampilan memainkan instrumen musik dengan apresiasi musik seni budaya Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kembangbahu Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kembangbahu Kabupaten Lamongan Tahun Pelajaran 2022/2023 sebanyak 6 (enam) kelas yang berjumlah 179 siswa. Teknik penentuan ukuran sampel menggunakan teknik slovin yang didapatkan sebanyak 124 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes keterampilan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi product moment pearson dengan bantuan software SPSS 22.  Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara keterampilan memainkan instrumen musik dengan apresiasi musik siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kembangbahu  Lamongan tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data menggunakan uji korelasi product moment pearson diketahui bahwa hasil perhitungan koefisien korelasi pearson sebesar .376**. Artinya, besar korelasi antara keterampilan memainkan instrumen musik dengan apresiasi musik sebesar 0,376 atau korelasi cukup. Nilai signifikan yang didapatkan sebesar 0,000, kriteria keputusannya kurang dari 0,05 berarti terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan memainkan instrumen musik dengan apresiasi musik. Angka korelasi hasilnya positif, yaitu 0,376 maka kedua variabel bersifat searah. Dengan demikian, maka hipotesis yang diajukan “Ada hubungan yang Signifikan antara Keterampilan Memainkan Instrumen Musik dengan Apresiasi musik Seni Budaya Kelas VIII SMP Negeri 1 Kembangbahu Lamongan.”. dapat dibuktikan kebenarannya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikuntol, Suharsimi. 2006. ProlseldurPelnellitian Suatu Pelndelkatan Praktik. Jakarta: PT RINElKA CIPTA.
Delwi, Vivi Elrvina. 2017. Pelngaruh Pelnelrapan Pelmbellajaran Kollabolratif telrhadap Keltelrampilan Belrmain Musik Rinding Gumbelng dan Aprelsiasi Musik Siswa SMK Nelgelri 2 Wolnolsari Gunungkidul.
Nololryan Bahari. (2008). Wacana, aprelsiasi, dan krelasi. Yolgyakarta: Pustaka Pellajar.
Polelrwadarminta. W. J. S. 1996. Kamus Umum Bahasa Indolnelsia. Jakarta: Balai Pustaka.
Sarwolnol, Jolnathan. 2015. Rumus-Rumus Polpulelr dalam SPSS 22 untuk Riselt Skripsi. Yolgyakarta: Andi Olffselt.
Sunyoltol, Danang. 2016. Statistika Delskriptif dan Prolbabilitas. Yolgyakarta: PT CAPS (CElNTElR FOlR ACADElMIC PUBLISHING SElRVICEl).
Tim Pelnyusun Kamus Pusat Pelmbinaan dan Pelngelmbangan Bahasan. 1995. Kamus Belsar Bahasa Indolnelsia. Jakarta: Balai Pustaka.
Wright, C. (2011). Listelning tol music. Bolstoln: Nellsoln Elducatioln, Ltd.
Published
2023-08-04
Section
Articles