PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS WEB WORDWALL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS II SDN BEJI 01 JENU TUBAN

  • Taritsa Nadya Meisavitri Universitas Nahdaltul ulama Surabaya
Keywords: pengembangan, alat evaluasi, wordwall

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pengembangan alat evaluasi, (2) menganalisis tingkat keefektifan alat evaluasi dan (3) menganalisis tingkat kepraktisan alat evaluasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Desain), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), dan (5) Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian terdiri dari 5 peserta didik dari kelas II B SDN Beji 01 yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling, serta 3 orang ahli (ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media) sebagai subjek penelitian lainnya. Data penelitian diperoleh melalui instrumen wawancara guru kelas, angket validasi yang dilakukan oleh tiga orang ahli, serta angket respons dari guru dan peserta didik. Hasil validasi menunjukkan persentase kevalidan materi sebesar 93%, kevalidan bahasa sebesar 92%, dan kevalidan media sebesar 92%, yang memenuhi kriteria "sangat valid" atau sangat layak untuk diujicobakan. Selain itu, hasil angket respons siswa menunjukkan persentase sebesar 95%, sedangkan angket respons guru menunjukkan persentase sebesar 93%, yang memenuhi kriteria "sangat efektif" dan menunjukkan kepraktisan alat evaluasi. Pendapat guru juga menunjukkan penggunaan alat evaluasi ini dianggap praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis web Wordwall ini layak digunakan dan diketahui valid, praktis, dan efektif untuk peserta didik kelas II SDN Beji 01.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Farhrohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23–34.
Ghufron, S., & Nafiah. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Kelas 5 SD Berbasis Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Materi Menulis (Issue 57).
Latifah, U., & Damayanti, M. I. (2022). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Platform Wordwall.Net untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar. JPGSD, 10, 1415–1424.
Malik, A., & Chusni, M. M. (2018). Pengantar Statistika Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Nadia, A. I., Afiani, K. D. A., Naila, I., & Muhammadiyah, U. (2022). Penggunaan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 12(1), 33–43.
Putri, R. A. W. (2021). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Web Menggunakan My Brain pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA (Vol. 26, Issue 2). Universitas Sanata Dharma.
Sofnidar, & Sabil, H. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Matematika I dengan Pendekatan Kontekstual. Edumatica, 02, 57–67.
Published
2023-08-02
Section
Articles