PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENENTUKAN GAGASAN UTAMA DI KELAS IV SDN SIMOMULYO I SURABAYA

  • Dea Selvi Tri Anggraini Universitas Nahdaltul ulama Surabaya
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, menentukan gagasan utama

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan tidak mampunya siswa dalam menentukan gagasan utama. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menentukan gagasan utama sebelum diterapkannya model pembelajaran STAD, (2) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menentukan gagasan utama sesudah diterapkannya model pembelajaran STAD, (3) membuktikan ada tidaknya pengaruh model pembelajaran STAD terhadap kemampuan siswa dalam menentukan gagasan utama. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Simomulyo I Surabaya yang berjumlah 31 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, kemampuan menentukan gagasan utama sebelum menggunakan model pembelajaran STAD tergolong kurang karena nilai rata-rata kelas 40. Kedua, kemampuan menentukan gagasan utama sesudah menggunakan model pembelajaran STAD tergolong baik karena nilai rata-rata kelas sebesar 80. Ketiga, ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menentukan gagasan utama karena nilai signifikansi hasil perhitungan SPSS = 0,000 kurang dari 0,05 dan t hitung = 14,786 lebih besar daripada t tabel = 2,042.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, J. D., Guru, P., & Dasar, S. (2022). “Kesulitan Peserta Didik Menentukan Ide Pokok Paragraf Materi Teks Narasi.” April, 1285–1291.
Darmuki, A. (2014). Pengintegrasian Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa dalam Pengajaran Matakuliah Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi IKIP PGRI Bojonegoro. Seminar Nasional AJPBSI, 3(1), 79–82.
Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kadang, A. (2016). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Fisika pada Materi Gelombang Siswa kelas XII IPA SMA Negeri 2 Kabupaten Sorong.” Biolearning Journal, 03(1), 56–66.
Kumape, S. (2015). “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Tentang IPA di Kelas VI SD Inpres Palupi.” Jurnal Kreatif Todulako Online, 4(4), 351–362.
Laa, N., Winata, H., & Meilani, R. I. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division terhadap Minat Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(1), 35. https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i1.17641
Nikmah, E. H., Fatchan, A., & Ariani, Y. W. (2016). “Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD), Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Geografi, 5(1), 1–17.
Nugroho, U. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif Pendidikan Jasmani. Purwodadi: CV. Sarnu Untung.
Nurmayani. (2016). “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Negeri 11434 Sidua-Dua.” School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 5(1). https://batukota.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=OTc4MDZhYzZhYzAyY2U4ZTBlNTNlYmJm&xzmn=aHR0cHM6Ly9iYXR1a290YS5icHMuZ28uaWQvcHVibGljYXRpb24vMjAxNS8xMC8zMC85NzgwNmFjNmFjMDJjZThlMGU1M2ViYmYvc3RhdGlzdGlrYS1kYWVyYWgta290YS1iYXR1LTIwMTUuaHRtbA%253D
Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). “Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar.” Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), 85–96. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343
Syafaah, N., & Haryadi. (2016). “Peningkatan Ketrampilan Membaca Pemahaman untuk Menemukan Gagasan Utama dengan Metode P2R dengan Teknik Diskusi pada Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Athfal Wedung Demak.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 104–115. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/24018
Wardi, N. (2019). “Peningkatan Kemampuan Menentukan Gagasan Utama Melalui Metome Analisis Sintesis pada Siswa Kelas VIII-D SMP Negeri 3 Sikur.” ESISI: Jurnal Edukasi Dan Sains, 1(1), 62–74.
Yuniana, L. (2021). “Peningkatan Kemampuan Membaca untuk Menentukan Gagasan Pokok Menggunakan Metode Kooperatif STAD.” Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1829–1834. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1705
Published
2023-08-01
Section
Articles