PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN PSYCHOWRITING PADA CERITA FANTASI SISWA KELAS VII SMP NU SIMO SUNGELEBAK

  • Yuyun Rizqiyatul Ilmiah Unisda Lamongan
Keywords: pengembangan, media pembelajaran, multimedia interaktif, android, cerita fantasi

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah penelitian pengembangan dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia. Penelitian pengembangan ini dilakukan karena adanya sebuah permasalahan di sekolah, yaitu media pembelajaran yang diterapkan tidak menarik dan membosankan bagi siswa akibatnya siswa lebih cenderung fokus pada hal-hal yang lain, seperti mengobrol dengan teman bahkan mengantuk di kelas serta media pembelajaran yang diterapkan belum pernah menggunakan media pembelajaran yang berbasis psychowriting. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk dapat menghasilkan produk multimedia interaktif berbasis android dengan pendekatan psychowriting pada Cerita Fantasi yang efisien, efektif, dan menarik untuk digunakan oleh guru dan siswa kelas VII SMP NU Simo Sungelebak.

Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana efisiensi, keefektifan, dan kemenarikan produk multimedia interaktif berbasis android dengan pendekatan psychowriting pada Cerita Fantasi siswa kelas siswa kelas VII SMP NU Simo Sungelebak. Serta tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efisiensi, keefektifan, dan kemenarikan produk multimedia interaktif berbasis android dengan pendekatan psychowriting pada Cerita Fantasi siswa kelas siswa kelas VII SMP NU Simo Sungelebak.

Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan mengadaptasi dan memodifikasi model pengembangan Borg and Gall dengan menyederhanakan 10 langkah menjadi 6 langkah pengembangan, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data (research and information collecting), (2) perencanaan (planning), (3) pengembangan draft produk (develop preliminary form of product), (4) uji coba lapangan (pleriminary field testing), (5) penyempurnaan produk awal (main product revision), dan (6) uji coba lapangan (main field testing). Hasil dari penelitian ini adalah: (1) produk multimedia interaktif berbasis android dengan pendekatan psychowriting pada Cerita Fantasi siswa kelas siswa kelas VII SMP NU Simo Sungelebak mendapatkan hasil prosentase nilai efisiensi dari ahli media sebesar 98% serta ahli materi sebesar 100% dengan kategori sangat baik. Jika nilai keduanya dibuat nilai rata-rata, hasilnya sebesar 99% dengan kategori sangat baik. (2) produk multimedia interaktif berbasis android dengan pendekatan psychowriting pada Cerita Fantasi siswa kelas siswa kelas VII SMP NU Simo Sungelebak mendapat prosentase keefektifan sebesar 86% dengan kategori sangat baik. (3) produk multimedia interaktif berbasis android dengan pendekatan psychowriting pada Cerita Fantasi siswa kelas siswa kelas VII SMP NU Simo Sungelebak mendapat nilai kemenarikan sebesar 87,02% pada skala kecil dengan kategori sangat baik serta mendapatkan nilai prosentase sebesar 88,02% pada skala besar dengan kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah. “Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran”, Lantanida Journal, 2012, vol.3.
Ahmadi. 2020. Psychowriting: Menulis Perspektif Psikologis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hidayat, Syarif. 2013. Teori dan Prinsip Pendidikan. Tangerang: PT. Pustaka Mandiri.
KBBI. Edisi V. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (Online). http://kbbi.web.id/pusat.com. Diakses 21 Mei 2016.
Munir. 2015. Multimedia: Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Published
2022-08-24
Section
Articles