PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA TENTANG MENDESKRIPSIKAN ISI PUISI DI KELAS IV-B SDN KEDUNGMALING SOOKO MOJOKERTO DENGAN METODE KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGATION

  • Sri Sulastrini SDN Kedungmaling Mojokerto
Keywords: Hasil Belajar, Mendeskripsikan Isi Puisi, Kooperatif Model Group

Abstract

Pada ulangan harian tentang mendeskripsikan isi puisi, siswa kelas IV-B SDN Kedungmaling kecamatan Sooko kabupaten Mojokerto tahun pelajaran 2018/2019 mendapat nilai rata-rata yang sangat rendah. Nilai disajikan dalam dua unsur, yaitu unsur isi/makna  dan unsur alur cerita. Rata–rata hasil ulangan harian unsur isi/makna  sebesar 53,8 dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 52%. Hal ini menunjukkan bahwa ada 13 siswa dari 25 siswa sudah tuntas belajar unsur isi/makna. Rata–rata hasil ulangan harian unsur alur cerita sebesar 54,2 dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 48 %. Hal ini menunjukkan bahwa  ada 12 siswa dari 25 siswa sudah tuntas belajar unsur alur cerita. Dari kegiatan diskusi dengan teman sejawat didapat masukan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia selama ini kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Maka akan dilaksanakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif model group investigation. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 6 Oktober 2018 sampai 20 Desember 2018. Yang menjadi subyek penelitian tindakan kelas yang kami lakukan adalah siswa-siswi kelas IV-B SDN Kedungmaling kecamatan Sooko kabupaten Mojokerto tahun pelajaran 2018/2019  dengan jumlah seluruhnya 25 anak, yang terdiri dari 10 laki-laki dan 15 perempuan. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah di lakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan, maka disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif model group investigation dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia tentang mendeskripsikan isi puisi. Hal ini berdasar pada hasil observasi dan post test yang terus meningkat dari siklus pertama hingga siklus terakhir. Penerapan metode pembelajaran kooperatif model group investigation untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia tentang mendeskripsikan isi puisi, diawali dengan memberikan tugas kelompok menentukan dan membuat puisi berdasarkan pengamatan, kemudian siswa diberi tugas untuk mengubahnya dalam bentuk sebuah prosa. Pada proses selanjutnya, setiap siswa diberi tugas mandiri membuat puisi sesuai dengan pengamatan yang dilakukan diluar kelas dan memprosakan pula.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-17
Section
Articles