KAJIAN GENDER MASYARAKAT PATRIARKI DALAM NOVEL PEREMPUAN YANG MENANGIS KEPADA BULAN HITAM KARYA DIAN PURNOMO (Analisis Wacana Kritis)

  • Nefi Arifianto Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan
Keywords: pengembangan, media pembelajaran, multimedia interaktif, android, cerita fantasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perendahan diri aki-laki terhadap perempuan secara ucapan dan tindakan dan menjelaskan dampak atas perendahan diri tersebut pada perempuan yang ada dalam novel Perempuan Yang Menangis Kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teori analisis wacana kritis milik Farclough. Penelitian ini berfokus pada ucapan langsung dan tindakan yang digambarkan di dalam novel sebagai data primernya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pendekatan human instrument dimana peneliti adalah instrument itu sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perendahan diri laki-laki terhadap perempuan secara ucapan yang muncul dalam lingkungan keluarga dan masyarakat. Penelitian ini juga menemukan adanya perendahan diri laki-laki terhadap perempuan secara tindakan, namun banyak dijumpai di lingkungan masyarakat dan sangat jarang di lingkungan keluarga. Penelitian ini juga mendapatkan bahwa dampak dari perendahan diri laki-laki terhadap perempuan dapat dituntaskan hingga ke ranah hukum, walaupun masih sangat tabu di dalam masyarakat patriarki di Sumba. Penelitian ini menyarankan adanya penelitian lanjutan terkait analisis hukum adat sebelum dan setelah peristiwa perendahan diri laki-laki terhadap perempuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Putri, D. S. (2018). Realitas Sosial dalam Novel Isinga Karya Dorothea Rosa Herliany (Kajian Sosiologi Sastra). Jurnal Sapala.
Amzawiyah, S. (2016). Realitas Sosial dalam Novel Revolusi dari Secangkir Kopi Karya Didik Fortunadi. Jurnal Humanika.
Nugroho, M. D. (2020). Realitas Sosial dalam Novel Cermin Jiwa Karya S. Prasetyo Utomo (Kajian Teori Emile Durkheim). Jurnal Sapala.
Nurfitriani, S. (2017). Realitas Sosial dalam Novel Pulang Karya Leila S. Chudori: Kajian Strukturalisme Genetik. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.
Sulistiyani, P. (2014). Representasi Kemiskinan dalam Novel Jatisaba Karya Ramayda Akmal (Kajian Sosiologi Sastra). Bahtera Sastra.
Nurgiyantoro, B. (2019). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sumaryanto. (2019). Karya Sastra Bentuk Prosa. Semarang: Mutiara Aksara.
Safitri, A., I. (2020). Realitas Sosial dalam Novel Lontara Rindu Karya S. Gegge Mappangewa. Jurnal BASTRA (Bahasa dan Sastra).
Sembada, E., Z. (2019). Realitas Sosial dalam Novel Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori : Analisis Strukturalisme Genetik. Jurnal Sastra Indonesia.
Hamila. (2015). Masalah-Masalah Sosial dalam Novel Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer. Humanika, 90-104.
Fairclough, N. (1989). Language and Power. Londong: Longman.
Frankel, J. R. & Wallen N. E. (2009). How to design and evaluate research in education (7th Edition). New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
Allan, G. (2020). Qualitative research. In Handbook for research students in the social sciences (pp. 177-189). Routledge.
Published
2022-08-18
Section
Articles