PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN SISTEM ISYARAT ELEKTRONIK (E-SIBI) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI SISWA TUNARUNGU DI SLB NEGERI TAMBAHREJO

  • Vetra El Rahma SD LB Tambahrejo Lamongan
  • Markub Markub Universitas Islam Darul 'Ulum Lamonga
  • Zaenal Arifin Universitas Islam Darul 'Ulum Lamonga
Keywords: Pembelajaran, Sistem isyarat Bahasa Indonesia Elektronik, Media Komunikasi, Tunarungu

Abstract

Anak tunarungu adalah anak yang memiliki kekurangan pendengaran, baik ringan, sedang sampai berat, sehingga berdampak pada proses penerimaan bunyi yang ditangkap oleh indera pendengaran, mulai dari samar sampai total/tidak mendengar sama sekali, hal ini berpengaruh pada pemahaman kata atau kalimat yang ditangkap sehingga artikulasi bicara dan suara anak tunarungu yang dihasilkan tidak terucap secara sempurna dan berpengaruh kepada kualitas proses komunikasi, Penulis melihat kondisi siswa Tunarungu di SLB Negeri Tambahrejo memiliki semangat belajar siswa rendah, antusias siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran juga rendah, ini dikarenakan guru-guru di kelas masih menggunakan media lama yaitu kamus bahasa isyarat, sedangkan kondisi medianya sudah banyak yang rusak, terlepas dan jumlahnya terbatas.

Berdasarkan uraian tersebut diatas, penulis melakukan penelitian membuat kamus bahsa Isyarat elektronik dengan sebutan e-SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia elektronik) yang bertujuan: 1. untuk mengetahui  kelayakan e-SIBI,  2. untuk mengetahui efektivitas penerapan e-SIBI ditinjau dari aktivitas guru, 3. Untuk mengetaui efektivitas penerapan e-SIBI  ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, 4. untuk mengetahui efektivitas penerapan e-SIBI  ditinjau dari respon siswa, dan 5. untuk mengetahui efektivitas penerapan e-SIBI ditinjau dari aktivitas siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII Tunarungu di SLB Negeri Tambahrejo tahun pelajaran 2021/2022.

Jenis penilitian yang penulis lakukan adalah jenis penelitian gabungan kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan perhitungan statistik sederhana.Metode pengumpulan data menggunakan tes dan non tes.

Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah: 1. Setelah dilakukan uji terhadap e-SIBI disimpulkan bahwa e-SIBI layak dan efektit digunakan sebagai media pembelajaran, 2. Penggunaan e-SIBI efektif ditinjau dari aktivitas guru (ditunjukkan dengan skor 90,42%), 3. Penggunaan e-SIBI efektif ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, 4. Penggunaan e-SIBI efektif ditinjau dari respon siswa  5. Penggunaan e-SIBI efektif ditinjau dari aktivitas siswa (ditunjukkan dengan skor 94%).

Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah e-SIBI merupakan media pembelajaran dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia yang efektif dan sesuai digunakan untuk siswa tunarungu di Sekolah Luar Biasa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto Suharsimi, 2001, ProsedurPenelitian: SuatuPendekatanPraktik. Jakarta: RinekeCipta Ahmadi, A. &Supriyono, W. 2004.Psikologi Belajar.Jakarta: PT RinekaCipta
Achmad Sugandi. (2000). TeoriPembelajaran, Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.
A.R, Syamsudin dan Damayanti, V. S. (2009).Metode penelitian pendidikan bahasa. Bandung: PT. RemajaRosdakaya
Aunurrahman. (2010), Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta,
[7] Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. RinekaCipta.
[8] Mardapi, Djemari. 2003. Pedoman Umum Pengembangan Penilaian. Pemerintah
Propinsi Jawa Timur: Dinas Pendidikan dan kebudayaan Sub Din Dikmenum.
Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Unesa
Nana Syaodih Sukmadinata.2005.Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: P.T. RemajaRosdakarya.
Nana Sudjana. 2000. “Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar”. Bandung: PT. Sinar Baru Algesindo
Nurhakim.(2007). Internet sebagai media pembelajaran.UniversitasLambung. Mangkurat, Banjarmasin. [Online].Tersedia: http://www.nurhakim.net
Riduwan. 2003. Skala Pengukuran Variabel –Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.Robbins, Stephen P. 2007.Perilaku OrganisasiBuku 1, Jakarta: SalembaEmpat
Sardiman, A.M. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudjana. 2004: dalam www.sarjanaku.com/2011/03/
Sumadi Suryabrata. 2000. Metodologi Penelitian, Jakarta: PT Raja GrafindoPersada
Suryabrata, S. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo
Wayan Nurkencana. 2000. EvaluasiPendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.
Published
2022-08-12
Section
Articles