IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BUKU DONGENG PADA MATERI BERCERITA BAGI SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 LAMONGAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan bercerita secara signifikan melalui penggunaan metode pembelajaran model kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dalam bentuk buku dongeng fabel, yang diharapkan mampu meningkatkan keefektifan, efisiensi, dan kemenarikan yang tinggi dalam memberikan stimulus bagi siswa untuk berani bercerita di depan kelas maupun di lingkungan sekolah.
Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 1 Lamongan. Jenis penelitian ini menggunakan dua data yaitu data kuantitaif dan data kualiatif. Pengembangan media pembelajaran ini mengacu pada model menurut Arief S. Sadiman dkk.
Penerapan metode pembelajaran model kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dalam bentuk buku dongeng fabel ini memenuhi uji coba lapangan yang diberikan kepada siswa memcapai kevalidan 95%, Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata post-test lebih baik daripada pre-test yaitu 77,50 > 29,59. sedangkan pada perhitungan uji t manual dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh hasil t hitung ≥ t tabel yaitu 3,731>1,717. artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan terhadap media pembelajaran yang digunakan. Hal ini menunjukkan bahwa metode dan media pembelajaran yang digunakan memiliki kualifikasi tingkat kevalidan yang tinggi, sehingga metode dan media pembelajaran yang digunakan layak untuk digunakan dan diterapkan dalam pembelajaran.
Downloads
References
Auliya, N. N. F., Budiyono, B., & Saputro, D. R. S. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dan Think Pair Share (TPS) Dengan Pendekatan Saintifik Pada Pokok Bahasan Himpunan Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Kelas VII SMP Negeri Di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(2).
Dewi, N. P. W. S., Ardana, I. K., & Made Putra, M. P. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Dengan Berbantuan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B2 Semester II TK Kemala Bhayangkari 1 Denpasar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1).
Priyono, Kusumo. 2001. Terampil Mendongeng. Jakarta:PT: Grasindo.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.