IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BUKU DONGENG PADA MATERI BERCERITA BAGI SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 LAMONGAN

  • ahmad zainuri MTs N 1 Lamongan
Keywords: number head together, media buku dongeng, bercerita

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan bercerita secara signifikan melalui penggunaan  metode pembelajaran model kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dalam bentuk buku dongeng fabel, yang diharapkan mampu meningkatkan keefektifan, efisiensi, dan kemenarikan yang tinggi dalam memberikan stimulus bagi siswa untuk berani bercerita di depan kelas maupun di lingkungan sekolah.

Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 1 Lamongan. Jenis penelitian ini menggunakan dua data yaitu data kuantitaif dan data kualiatif. Pengembangan media pembelajaran ini mengacu pada model menurut Arief S. Sadiman dkk.

Penerapan metode pembelajaran model kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dalam bentuk buku dongeng fabel ini memenuhi uji coba lapangan yang diberikan kepada siswa memcapai kevalidan 95%, Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata post-test lebih baik daripada pre-test yaitu 77,50 > 29,59. sedangkan pada perhitungan uji t manual dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh hasil t hitung ≥ t tabel yaitu 3,731>1,717. artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan terhadap media pembelajaran yang digunakan. Hal ini menunjukkan bahwa metode dan media pembelajaran  yang digunakan memiliki kualifikasi tingkat kevalidan yang tinggi, sehingga metode dan media pembelajaran yang digunakan layak  untuk  digunakan dan diterapkan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asnawir. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Auliya, N. N. F., Budiyono, B., & Saputro, D. R. S. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dan Think Pair Share (TPS) Dengan Pendekatan Saintifik Pada Pokok Bahasan Himpunan Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Kelas VII SMP Negeri Di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(2).
Dewi, N. P. W. S., Ardana, I. K., & Made Putra, M. P. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Dengan Berbantuan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B2 Semester II TK Kemala Bhayangkari 1 Denpasar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1).
Priyono, Kusumo. 2001. Terampil Mendongeng. Jakarta:PT: Grasindo.
Published
2022-08-04
Section
Articles