KONSEP ID, EGO, DAN SUPER EGO PADA NOVEL KAU, AKU, DAN SEPUCUK ANGPAU MERAH BERDASARKAN KONFLIK PSIKOLOGI TOKOH (TINJAUN PSIKOANALISIS SIGMUND FREUD)

  • Nanang Zulianto Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Kedungpring
Keywords: Psikologi sastra, konflik psikologi

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah, untuk mendeskripsikan bentuk konflik, untuk mendeskripsikan bentuk karakter tokoh, untuk mendeskripsikan psikologis tokoh saat terjadi konfil dalam novel Kau,  Aku,  dan Sepucuk  Angpau Merah.

Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra dengan menggunakan teori psikoanalisis Sigmund Freud. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode content analysis atau analisis isi. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel berjudul Kau, Aku, dan Sepucuk Angpao Merah karya Tere Liye. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti sendiri. Peneliti mencatat dan menganalisis data selama penelitian untuk mengumpulkan data yang diambil dalam teks novel kemudian peneliti sendiri mengolah dan menganalis data secara rinci.

Hasil penelitian ini adalah konflik psikologis tokoh novel Kau, Aku, dan Sepucuk Angpao Merah karya Tere Liye antara lain (1) kekhawatiran yang dialami tokoh novel Kau, Aku, dan Sepucuk Angpao Merah adalah khawatir terhadap keadaan. (2) ketakutan yang dialami tokoh novel Kau, Aku, dan Sepucuk Angpao Merah adalah takut kehilangan orang terdekat, takut dengan keadaan/ kenyataan, dan takut menyakiti perasaan orang lain. (3) kekecewaan yang dialami tokoh novel Kau, Aku, dan Sepucuk Angpao Merah adalah kecewa dengan pekerjaan, kecewa ditinggal orang-orang terdekat, kecewa karena tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. (4) kecemasan yang dialami tokoh novel Kau, Aku, dan Sepucuk Angpao Merah adalah cemas karena dijauhi orang-orang terdekat. dan (5) kebimbangan yang dialami tokoh novel Kau, Aku, dan Sepucuk Angpao Merah adalah bimbang dalam memilih pekerjaan, bimbang dalam menentukan pilihan, bimbang karena keadaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Liye, Tere. 2013. Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Melati, T. S., Warisma, P., & Ismayani, M. (2019). Analisis Konflik Tokoh dalam Novel Rindu Karya Tere Liye Berdasarkan Pendekatan Psikologi Sastra. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 2(2), 229-238.
Prawira, S. D. (2018). Karakter Tokoh Utama Pada Novel Entrok Karya Okky Madasari (Kajian Psikologi Sastra). Jurnal Ilmiah FONEMA: Jurnal Edukasi Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 1-15.
Ratna, Nyoman Kutha. 2013. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sa'adah, L., Mustofa, M., & Sukowati, I. (2021). HEGEMONI GRAMSCI DALAM NOVEL SURAT CINTA DARI BIDADARI SURGA KARYA AGUK IRAWAN. EDU-KATA, 7(2), 156-165.
Published
2022-09-01
Section
Articles