UPAYA MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MATA PELAJARAN PPKN

  • kandar kandar SDN Kadungrembuk Kecamatan Sukodadi
Keywords: Prestasi Belajar , Pendekatan Konstruktivime

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua  siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kadungrembuk  Sukodadi. Data yang diperoleh berupa interview, hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (41%), siklus II (100%). Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendekatan  konstruktivisme   dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Siswa kelas IV SDN Kadungrembuk  Sukodadi, serta pendekatan pembelajaran  ini dapat digunakan sebagai salah satu alternativ pembelajaran PPKn.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Listriani, N. D., & Aini, K. N. (2019). PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN HANDS ON ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN RASA INGIN TAHU SISWA. INSPIRAMATIKA, 5(1), 50-61.
Published
2021-08-17
Section
Articles