PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI TEKS CERITA RAKYAT KELAS X SMK N PALANG

  • Iin Yuliatin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan keefektivan bagaimana keefektivan model pembelajaran berbasis  problem based learning pada materi teks cerita kelas X SMKN Palang.Lokasi penelitian ini di SMK Negeri  Palang Tuban, Jl. Gresik Ds. Glodok Rt. 03 Rw. 03 Kecamatan Paang Tuban.. Subjek yang digunakan Penelitian yaitu kelas X RPL semester 2 tahun pelajaran 2019/2020 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi cerita Rakyat.  Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang dikembangkan untuk membantu guru mengembangkan kemampuan berfikir dan ketrampilan memecahkan pada siswa. Model pembelajaran ini memfasilitasi siswa untuk berperan aktif di dalam kelas melalui aktivitas memikirkan masalah yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Melalui pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks cerita rakyat dengan indikator pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai dan isi hikayat, kemampuan berpikir peserta didik dapat dilatih dengan menyajikan cerita rakyat dan pertanyaan yang menuntut peserta didik untuk tidak hanya secara literal namun juga berpikir tingkat tinggi yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning

Downloads

Download data is not yet available.

References

Listriani, N. D., & Aini, K. N. (2019). PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN HANDS ON ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN RASA INGIN TAHU SISWA. INSPIRAMATIKA, 5(1), 50-61.
Published
2020-08-31
Section
Articles