KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF KH. ABDURRAHMAN WAHID

  • Oktaviani Bella Kurniawati Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
  • Mahbub Junaidi Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
Keywords: Konsep Pendidikan, Pendidikan Agama Islam, KH Abdurrahman Wachid

Abstract

Penelitian ini menjelaskan bahwa pemikiran Gus Dur dalam dunia pendidikan sangatlah Relevan khususnya pendidikan di Indonesia, sedangkan pada pendidikan sekarang ini lebih berkonsep pada kebebasan dalam belajar sesuai minat belajar. Oleh karena itu penulis menuliskan pemikiran Gus Dur bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui pengertian pendidikan agama Islam perspektif  KH. Abdurrahman Wahid. (2) untuk mengetahui tujuan pendidikan agama Islam perspektif  KH. Abdurrahman Wahid. (3) untuk mengetahui kurikulum pendidikan agama Islam perspektif KH. Abdurrahman Wahid.  Penelitian ini merupakan jenis penelitian Library Research. Hasil dari penelitian ini adalah: bahwa konsep pendidikan Islam menurut Gus Dur konsep pendidikan yang didasarkan pada keyakinan keagamaan dan bertujuan untuk membimbing atau menghantarkan peserta didik menjadi manusia  yang utuh, dan bebas dari belenggu penindasan. Terdapat tiga tujuan pendidikan Islam dalam perspektif Gus Dur yaitu pendidikan Islam berbasis modernisme, pendidikan Islam berbasis pembebasan dan pendidikan Islam berbasis kebhinekaan. Selain itu kurikulum pendidikan Islam menurut Gus Dur sebagai  proses pengembangan keilmuan dan tekonologi, serta ketrampilan tidak hanya dalam cakupan yang kecil, tetapi lebih jauh lagi terhadap proses perkembangan dan perubahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad. 2018. Konsep Pendidikan Islam Menurut Perspektif KH. Abdurrahman Wahid, Jurnal Keislaman.
Arifin Muzayyin. Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Sinar Grafika Offset).
Barton Greg. 2003. Biografi Gus Dur, (Yogyakarta, LKiS)
Barton Greg. 2016. Biografi Gus Dur The Authorized Biography of Abdurrahman Wahid, (Jogjakarta: Saufa Bekerjasama dengan IRCiS dan LKiS)
Barton Greg. 2016. Biografi Gus Dur The Authorized Biography of Abdurrahman Wahid, (Yogyakarta: saufa bekerjasama dengan IRCiSoD dan LKiS)
Dyah Kumalasari. 2010. Konsep Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Dalam Pendidikan Taman Siswa (Tinjauan Humanis-Religius),Jurnal Istoria.
Faisol. Gus Dur & Pendidikan Islam Upaya mengembalikan Esensi Pendidikan Di Era Global “. (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media).
Hadi Syamsul. Gus Dur Guru Bangsa Bapak Pluralisme, (Jombang: Zahra Book) 17
Hanif Dhakiri. 2010. 41 Warisan Kebesaran Gus Dur, (Yogyakarta: (LKIS).
Hidayat Rahmat Hidayat. 2019. MA dan Abdillah, Ilmu Pendidikan Konsep, teori dan Aplikasinya, (Medan: LPPPI)
Mahfud Choirul. 2006. Pendidikan Multikultural, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)
Mirza Muhammad. 2010. Gus Dur Sang Penakluk, (Tebuireng Jombang: Pustaka Warisan Islam)
Nurcholis Ahmad. Peace Education & Pendidikan Perdamaian Gus Dur, (Jakarta: PT Elex Media Komputindo)
Nurcholis Ahmad. Peace Education & Pendidikan Perdamaian Gus Dur, (Jakarta: PT Elex Media Komputindo)
Saidiman. 2012. Gus Dur Di Mata Dunia, (Islamlib.com).
Salim Moh. Halitami dan Kurniawan Syamsul. 2012. Studi Ilmu Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media).
Wahid Abdul Wahid. 2018. Karena Kau: Manusia sayangi Manusia, Yogyakarta: Diva Press.
Wahid Abdul. 2018. Karena Kau: Manusia sayangi Manusia, Yogyakarta: Diva Press.
Wahid Abdurrahmah Wahid. Standarisasi Sarana Ilmiah di Pondok Pesantren (1978), dalam Bunga rampai pesantren.
Wahid Abdurrahmah. Standarisasi Sarana Ilmiah di Pondok Pesantren (1978), dalam Bunga Rampai Pesantren.
Wahid Abdurrahmahman. Standarisasi Sarana Ilmiah di Pondok Pesantren (1978), dalam Bunga Rampai Pesantren.
Wahid Abdurrahman. 1983. Pesantren Sebagai Subkultur, dalam M. Dawam Eahardjo, Pesantren dan Perubahan, (Jakaerta: LP3ES)
Wahid Adurrahman. 2015. Pribumisasi Islam, Dalam Nusantara, (Jakarta: LP Ma’arif).
Published
2023-07-28
How to Cite
Kurniawati, O., & Junaidi, M. (2023). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF KH. ABDURRAHMAN WAHID. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 10(1), 135-166. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/darelilmi.v10i1.4581
Section
Articles