Analisis Tingkat Kesehatan Koperasi Syariah

Studi Kasus di KSPPS MAWAR Simo

  • Nurul Awalinah Nadiyah Universitas Islam Darul 'Ulum
  • Dilla Riyanika Universitas Islam Darul 'Ulum
  • Nurwinsyah Rohmaningtyas Universitas Islam Darul 'Ulum
Keywords: Koperasi Syariah, KSPPS, Tingkat Kesehatan Koperasi, Keuangan Mikro Syariah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menilai tingkat kesehatan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) sebagai lembaga keuangan mikro syariah dan untuk mengukur kinerjanya secara keseluruhan, sehingga koperasi syariah dapat terus berbenah untuk meningkatkan kualitasnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Objek penelitian ini adalah KSPPS Mawar Simo. Hasil temuan dari penelitian ini bahwa KSPPS Mawar Simo dikategorikan sebagai koperasi cukup sehat. Namun ada beberapa hal yang belum memenuhi kriteria tingkat kesehatannya. Kelemahan yang perlu diperbaiki pada aspek fungsi pengawas syariah, namun dapat diatasi dengan peningkatan kualitas SDM baik pengawas, pengurus dan pengelola. Dengan demikian anggapan Koperasi syariah itu tidak professional dan tidak baik manajemenya adalah anggapan yang kurang tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aris, Munandar. "Pengaruh Kualitas Aktiva Produktif Dan Net Performing Financing (NPF) Terhadap Net Operating Margin (NOM) Bank Umum Syariah Dan Unit Usaha Syariah Periode Juni 2014 Maret 2020." Ekonomica Sharia: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Ekonomi Syariah 6.1 (2020).
Hafizh, Noor Muhammad. 2022. Analisis penilaian tingkat kesehatan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) (Studi Kasus Koperasi Syariah Rajawali Kota Mataram). Diss. UIN Mataram.
Indriani, Heny, Raharjo and Teguh Hardi. “Analisis Tingkat Kesehatan KSPPS BMT Bina Ummat Mandiri Kota Tegal Tahun 2016.” JBIMA (Jurnal Bisnis dan Manajemen) Vol. 5.1 (2017).
Mohammad, Mulyadi. "Riset Desain Dalam Metodologi Penelitian." Jurnal Studi Komunikasi Dan Media Vol. 16.1 (2012).
Peraturan menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor: 35.3/Per/M.KUKM/X/2007 tentang pedoman penilaian kesehatan Koperasi Jasa Keuangan Syariah dan Unit Jasa Keuangan Syariah.
Sahroni, Nana, Sudaryanti and Dedeh Sri. “Analisis Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam Berdasarkan Aspek Permodalan, Manajemen, Likuiditas, Serta Kemandirian Dan Pertumbuhan (Studi Empiris Simpenan Pameungkeut Banda (Spb) Pada Koperasi Simpan Pinjam (Ksp) Di Kota Tasikmalaya Tahun 2015).” Jurnal Ekonomi Manajemen Vol. 3.1 (2017).
Sulistyo, R. W. (2014). Analisis Penilaian Tingkat Kesehatan Koperasi Jasa Keuangan Syariah: Studi Pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah Bondho Tumoto Gunungpati. Jurnal Dinamika Manajemen Vol. 1, No. 2.
Taufiq, M. "Optimalisasi Peran Dewan Pengawas Syariah di Lembaga Keuangan Mikro Syariah." Al-Huquq: Journal of Indonesian Islamic Economic Law 2.1 (2020).
Yusuf, Burhanuddin. "Analisis tingkat kesehatan koperasi syariah." Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen 6.1 (2016).
Published
2023-07-31
How to Cite
Nadiyah, N., Riyanika, D., & Rohmaningtyas, N. (2023). Analisis Tingkat Kesehatan Koperasi Syariah. ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari’ah, 6(2), 49-62. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/adilla.v6i2.4734
Section
Articles