Revitalisasi Pasar Tradisional Dalam Sudut Pandang Ekonomi Islam Untuk Meningkatkan Kepuasan Pedagang di Pasar Lembung

  • Ahmad Munir Hamid Universitas Islam Darul 'ulum Lamongan
Keywords: Revitalisasi Pasar, Pasar Tradisonal, Analisis SWOT

Abstract

Maraknya perkembangan pasar moderen menjadi ancaman bagi pasar tradisional. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam, observasi langsung, dan pencatatan dokumen. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik Analisis SWOT. Strategi yang tepat dalam pengelolaan pasar tradisional dalam meningkatkan kepuasan pedagang di Pasar Lembung dengan cara mempertahankan dan meningkatkan pelayanan serta kebersihan lingkungan pasar guna memberikan kenyamana dan mempertahankan pelanggan, melakukan kerjasama antar pengelola dengan pedagang agar terjalin kerja sama pedagang dengan pengelola untuk memperbanyak produk yang akan dijual sehingga semakin banyak pilihan produk yang akan dijual ke konsumen. Islam mengatur agar persaingan di pasar dilakukan dengan adil. Setiap bentuk yang dapat menimbulkan ketidak adilan dilarang seperti talaqqi rukban dilarang karena pedagang yang menyongsong dipinggir kota mendapat keuntungan dari ketidaktahuan penjual dari kampung akan harga yang berlaku dikota, mengurangi timbangan dilarang karena barang dijual dengan harga yang sama untuk jumlah yang lebih sedikit, menyembunyikan barang cacat dilarang karena penjual mendapatkan harga yang baik untuk kualitas buruk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bungin, Burhan, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Raja Grasindo,2003)
Harun, Nasrun, Fiqih Muamalah, (Jakarta : Gaya Media Pratama, 2000)
Karim, Adiwarman, Ekonomi Mikro Islam, Edisi ke V (Jakarta : PT. Raja Gravindo Persada, 2007)
Kementrian Agama Republik Indonesia, Al Qur’an dan Terjemah (Bandung : Bina Insani Pers, 2010)
Lestari, Resti Putri, “Strategi Perkembangan Tradisional Dalam Meningkatkan Kepuasan Pedagang (Studi Kasus Pasar Stabat)”,(Sumatera Utara : Skripsi tidak diterbitkan, 2019)
Mashita, Annisa Indah, “Dampak Sosial Ekonomi Revitalisasi Pasar Tradisional Terhadap Pedagang”. Jurnal Sosek Pekerjaan Umum, Vol. 2 No. 1 (April 2010)
Noor, Juliansyah, Penelitian Ilmu Manajemen, (Jakarta : Kencana Prenada Media Grup, 2013)
Perpes RI No. 112 Tahun 2007 Tentang Pembangunan, Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional
Setiawan. Ega Agus, Strategi Analisis SWOT dalam Pengelolaan Pasar Tradisional untuk Meningkatkan Kepuasan Pedangan dan Konsumen di Pasar Ngemplak, Tulungagung, (Tulungagung : Skripsi Tidak Diterbitkan, 2020)
Sujilah, Revitalisasi Pasar Rakyat Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan dan Pendapatan Pedagang, (Jurnal Akademika Vol. 18 No. 2 2020)
Tanjung, Jenuh Widjaja, Sipritual Saling How To Gate And Keep Your Customer, (Jakarta : Elex Madia Computindo, 2018)
Uchrowi, Umar, Karakter Pancasila Membangun Pribadi Dan Bangsa Bermatabat, (Jakarta : PT. Balai Pustaka (Persero), 2012)
Published
2022-07-26
How to Cite
Hamid, A. (2022). Revitalisasi Pasar Tradisional Dalam Sudut Pandang Ekonomi Islam Untuk Meningkatkan Kepuasan Pedagang di Pasar Lembung. ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari’ah, 5(2), 51-68. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/adilla.v5i2.3225
Section
Articles