METAKOGNISI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA: APA, MENGAPA DAN BAGAIMANA PENGEMBANGANNYA?

  • NUR EVA ZAKIAH FKIP Unigal Ciamis

Abstract

Artikel ini membahas tentang metakognisi siswa dalam pembelajaran matematika.
Metakognisi sebagai proses seseorang berpikir tentang berpikir dalam rangka membangun strategi
untuk memecahkan masalah. Metakognisi dapat dilihat dari aktivitas seperti merencanakan bagaimana
pendekatan yang diberikan dalam tugas-tugas pembelajaran, memonitor kemampuan dan mengevaluasi
rencana dalam rangka melaksanakan tugas. Beberapa langkah untuk mengembangkan metakognisi
diantaranya: mengidentifikasi “apa yang kau ketahui” dan “apa yang kau tidak ketahui”, berbicara
tentang berpikir, membuat jurnal berpikir, membuat perencanaan dan regulasi diri, melaporkan
kembali proses berpikir, dan evaluasi diri.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-06-30