ANALISIS STRATEGI PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

  • Mochammad Musa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Endang Suprapti Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Sandha Soemantri Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kecenderungan strategi peserta didik berdasarkan tingkat kemampuan tinggi, sedang, rendah, serta secara klasikal dalam menyelesaikan soal-soal SPLDV dari empat metode yang sudah dipelajari.Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, subyek penelitian adalah peserta didik kelas VIII yang berjumlah 20 peserta didik di MTs Salafiyah Menganti Gresik. Teknik pengumpulan datanya melalui tes 1 butir soal cerita dan wawancara yang dilakukan terhadap peserta didik terpilih berdasarkan hasil yang didapatkan, peserta didik terpilih yang termasuk ke dalam golongan kemampuan tinggi, sedang, rendah, dimana masing-masing dipilih dua peserta didik secara acak. Sebelum dilaksanakan penelitian, terlebih dahulu instrumen penelitian diajukan kepada dua orang validator dengan tujuan agar instrumen penelitian dapat dikatakan valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh peserta didik dalam menyelesaikan soal SPLDV secara umum cenderung menggunakan cara eliminasi, sedangkan secara khusus cenderung dengan menggunakan cara eliminasi varibael y saja dengan jumlah persentase sebanyak 35% dengan kriteria rendah. Persentase secara umum untuk masing-masing cara adalah (1) grafik 0% dengan kriteria kecenderungan sangat rendah, (2) substitusi 20% dengan kriteria sangat rendah, (3) eliminasi 65% dengan kriteria cukup, (4) campuran 15% dengan kriteria sangat rendah.

References

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan ke-15. Jakarta: Rineka Cipta.
Hutama, P.W. (2014). Kajian Strategi Siswa dalam Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Program Sarjana. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Nurlaili, E. (2015). Tingkat Kreativitas dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Surabaya Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis Open-Ended Problem. Program Sarjana. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Subagyo, J. (2015). Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktik. Cetakan ke 7. Jakarta: Rineka Cipta.
Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Cetakan ke 3. Jakarta: Prenadamedia Group.
Wena, M. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Cetakan ke-9. Jakarta PT. Bumi Aksara.
Published
2018-12-31