ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MENYELESAIKAN SOAL SPLDV BERDASARKAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA
Abstract
Kemampuan dalam memecahkan masalah dan kecerdasan logis matematis adalah dua aspek kognitif yang berguna didalam pembelajaran matematika, terkhusus dari materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel atau disingkat SPLDV. Riset kali ini dilakukan untuk mengkaji kemampuan dalam memecahkan masalah berupa soal SPLDV yang berdasarkan pada tingkat kecerdasan logis matematis . Yang dipakai dipenelitian ini ialah metode kualitatif melalui desain deskriptif. Siswa kelas X MA Sunan Drajat merupakan Subjek penelitian yang dipilih memakai teknik purposive sampling, sebanyak 6 siswa yang terpilih berdasarkan angket kecerdasan logis matematis kemudian dengan tes, guna mengetahui kemampuan didalam memecahkan permasalahan. Data yang didapatkan terdiri dari hasil tes dan wawancara. Hasil dari riset ini
menyimpulkan bahwa: 1) Subjek dengan kecerdasan logis matematis tinggi mampu melalui empat indikator pemecahan masalah, yaitu memahami masalah, perencanaan pemecahan masalah, melaksanakan perencanaan pemecahan masalah, dan melihat kembali kelengkapan pemecahan masalah; 2) Subjek dengan kecerdasan logis matematis sedang mampu melalui tiga indikator pemecahan masalah, yaitu memahami masalah, perencanaan pemecahan masalah, serta melaksanakan perencanaan pemecahan masalah,; 3) Subjek dengan kecerdasan logis matematis rendah dapat melalui satu indikator pemecahan masalah yaitu memahami masalah.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.