ANALISIS LEARNING OBSTACLE MATERI SEGITIGA PADA SISWA KELAS VIII SMP YAYASAN PENDIDIKAN KRISTEN (YPK) PONTIANAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui learning obstacle yang terkait dengan segitiga dan faktor-faktor penyebabnya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa – siswi kelas VIII SMP Yayasan Pendidikan Kristen (YPK). Penelitiaan ini merupakan penelitian kualitatif dengan bentuk studi kasusTeknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu, teknik pengukuran ( tes ), dan komunikasi langsung(wawancara). Data dianalisis secara kualitatif untuk mengetahui learning obstacle pada siswa pada materi segitiga kelas VIII SMP YPK. Hasil penelitian ini adalah siswa mengalami hambatan ontogenis yang merupakan hambatan yang berkaitan dengan kesiapan mental seseorang, epistomologi merupakan pengetahuan siswa yang memiliki konteks terbatas, dan didactical merupakan hambatan yang barkaitan dengan bahan ajar ataupun sajian pembelajaran yang digunakan oleh pengajar. Hambatan yang dialami siswa adalah learning obstacle pada konsep segitiga dan jenis-jenis segitiga,
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.