IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KRITERIA KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

  • Septi Fatma Fauziyah Universitas Negeri Malang
  • Imam Rofiki Universitas Negeri Malang
Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi, Tujuan Pembelajaran, Sekolah Dasar

Abstract

Dalam proses pemebelajaran di dalam kelas, guru terkadang kurang sadar dalam melibatkan potensi keberagaman peserta didiknya, sehingga pembelajaran yang disampaikan kurang bermakna terhadap keberlangsungan hidup mereka. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran yang akan dicapai oleh peserta didik melalui kajian pustaka. Metode penelitian ini menggunakan systematic literature review. Pengumpulan data dilakukan dengan menghimpun artikel dan karya ilmiah dari internet dengan menerapkan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil analisis mengungkapkan bahwa sebanyak 15 artikel atau 94% menyatakan strategi implementasi pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh positif terhadap kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Namun, tidak boleh dikesampingkan bahwa terdapat 1 artikel atau 6% yang tidak memberikan pengaruh baik terhadap implementasi pembelajaran berdiferensiasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-30