PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR TENTANG KEMAGNETAN PESERTA DIDIK KELAS IX A SMP NEGERI 2 WRINGINANOM GRESIK MELALUI METODE KOOPERATIF MODEL TAPPS

  • Sugeng Djuifin SMP Negeri 2 Wringinanom Gresik
Keywords: Thinking Aloud Pair Problem Solving, Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui penerapan metode kooperatif model TAPPS dapat : 1). Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model TAPPS. 2). Untuk mengetahui  pengaruh metode pembelajaran kooperatif model TAPPS terhadap motivasi belajar peserta didik. Prosedur penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin, pada penelitian ini terdiri dari dua siklus dan tiap satu siklus terdiri atas empat langkah pokok, yaitu: perencanaan  (planning), tindakan (acting), Observasi (observing), refleksi (reflecting). Penelitian tindakan ini dilaksanakan di SMP Negeri 2  Wringinanom Gresik, dengan subjek peserta didik kelas IX A dengan jumlah peserta didik 32 anak, yang terdiri dari peserta didik  laki-laki 18 anak, peserta didik perempuan 14 anak. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut Berdasarkan dengan rumusan maslah dan tujuan penelitian, maka secara umum dapat disimpulkan bahwa aktivitas peserta didik dalam pembelajaran dan hasil belajar IPA dapat meningkat melalui model pembelajaran TAPPS (Thinking Aloud Pair Problem Solving) yang disimpulkan sebauai berikut : 1). Aktivitas peserta didik dalam pembelajaran IPA meningkat melalui model pembelajaran TAPPS. 2). Hasil belajar IPA pada materi kemagnetan mengalami peningkatan secara signifikan, Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 74.53 dan meningkat pada siklus II menjadi 86.41. Sedangkan jumlah peserta didik yang tuntas pada siklus I sebesar 24 peserta didik meningkat pada siklus II menjadi 30 peserta didik. Untuk presentase ketuntasan klasikal diperoleh pada siklus I sebesar 74% meningkat pada siklus II menjadi 94%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-30