PENERAPAN MEDIA PAPAN ANGKA DALAM UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS I SDN BALONGMASIN 1 PUNGGING MOJOKERTO TENTANG OPERASI HITUNG CAMPURAN

  • Alfiyah Alfiyah SDN Balongmasin 1 Pungging Mojokerto
Keywords: Papan Angka, Prestasi Belajar, Operasi Hitung Campuran

Abstract

Pada ulangan harian tentang operasi hitung campuran yang melibatkan penjumlahan, dan pengurangan bilangan bulat, siswa kelas I SDN Balongmasin 1 kecamatan Pungging kabupaten Mojokerto tahun pelajaran 2017/2018, mendapat rata-rata nilai yang sangat rendah dibawah kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan sebesar 70. Pada ulangan harian, nilai rata-rata yang didapat sebesar 53,8 dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 46,7%. Hal ini menunjukkan bahwa ada 14 siswa dari 30 siswa sudah tuntas belajar. Pembelajaran belum mencapai ketuntasan klasikal, karena siswa yang memperoleh nilai ³ 70 hanya sebesar 46,7% lebih kecil dari persentase ketuntasan sebesar 85%. Permasalahan tersebut diduga karena kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran, guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran yang dapat mengkonkritkan materi pembelajaran. Sehingga perlu diadakan penelitian tindakan dengan menerapkan metode discovery yang dipadu dengan media pembelajaran papan angka. Subjek penelitian ini siswa kelas I SDN Balongmasin 1 kecamatan Pungging kabupaten Mojokerto tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 30 siswa. Berdasarkan hasil pembahasan, diperoleh simpulan bahwa penerapan metode discovery yang dipadu dengan media pembelajaran papan angka dapat meningkatkan prestasi belajar matematika tentang operasi hitung campuran. Hal ini dapat dilihat dari hasil post test setiap siklus yang terus meningkat. Pada siklus pertama diperoleh nilai rata–rata prestasi belajar siswa sebesar 71,3 dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 76,7%. Pada siklus kedua diperoleh rata–rata hasil post test sebesar 79 dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 96,7%. Hal ini didasarkan pula pada hasil observasi yang menunjukkan bahwa kekurangan disiklus kedua relatif tidak ditemukan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-30