PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX-F MTs. NEGERI 2 MOJOKERTO PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TENTANG MENULIS RESENSI BUKU PENGETAHUAN MELALUI PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING
Abstract
Timbulnya permasalahan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IX-F MTs. Negeri 2 Mojokerto tahun pelajaran 2020/2021 diduga karena pembelajaran berlangsung hanya satu arah. Siswa sebagai pembelajar, tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Maka melalui penelitian tindakan ini, peneliti ingin meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia tentang resensi buku pengetahuan dengan menerapkan pendekatan self directed learning. Penelitian ini bertempat di kelas IX-F MTs. Negeri 2 Mojokerto. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 14 Januari 2021 sampai 29 AprilĀ 2021. Subyek penelitian adalah siswa-siswi kelas IX-F MTs. Negeri 2 Mojokerto tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 33 siswa. Siswa laki-laki berjumlah 16 orang, siswa perempuan berjumlah 17 orang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh simpulan bahwa penerapan pendekatan self directed learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX-F MTs. Negeri 2 Mojokerto, pada pelajaran bahasa Indonesia tentang resensi buku pengetahuan. Hal ini berdasar atas nilai post test yang terus meningkat dari siklus pertama hingga kedua. Penerapan pendekatan self directed learning pelajaran bahasa Indonesia tentang resensi buku pengetahuan, di kelas IX-F MTs. Negeri 2 Mojokerto, dimulai dengan memberikan tugas kepada siswa secara daring untuk menyusun resensi berdasarkan bacaan yang telah dibaca. Pada pembelajaran selanjutnya siswa diberi tugas untuk membuat resensi berdasarkan bacaan yang dipilih oleh siswa Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.
Downloads
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.