PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK “GAME” UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar melalui pembelajaran kooperatif dengan teknik “Game“. Penelitian tindakan kelas ini
dilaksanakan di SMP Negeri I Kalitengah Kabupaten Lamongan dengan subjek penelitian siswa kelas 9 E SMP Negeri I Kalitengah Kabupaten Lamongan. Ada
tiga instrumen minimal untuk mengumpulkan data yaitu (1) lembar pengamatan/observasi, (2) lembar questionare, dan (3) lembar test. Data yang
diperoleh dari hasil pengamatan dan angket dianalisis secara deskriptif kuantitatif artinya gambaran keberhasilan dalam proses belajar mengajar diungkapkan dengan kenaikan nilai rata-rata kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasilbelajar siswa pada siklus I (68,67), siklus II (74,89), siklus III (82,78). Dengan demikian, penerapan cooperative learning dengan teknik “game” dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Downloads

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.