PENERAPAN METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KOMPONEN PETA

  • Pristiwanto Pristiwanto SMP Negeri 1 Kalitengah, Lamongan
Keywords: metode problem solving, pemahaman siswa, komponen peta

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan pemahaman siswa tentang komponen peta. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui
observasi pengolahan belajar aktif, dan tes formatif. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dengan tujuan untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai siswa juga untuk memperoleh respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran serta aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi yang telah disampaikan guru selama ini (ketuntasan belajar meningkat dari siklus I, II, dan III) yaitu masing-masing 67,64%, 77,35%, dan 91,17%. Dengan demikian, pembelajaran dengan metode pemecahan masalah (problem solving) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-30