PENGGUNAAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM MENINGKATKANPRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA

  • Lili Aswida SD Negeri Sidomulyo II, Deket, Lamongan
Keywords: keterampilan proses, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan prestasi belajar IPA kelas VI Semester genap SD Negeri Sidomulyo II Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan. Adapun penelitian ini menggunakan rancangan penelitian yang terdiri dari beberapa siklus. Satu siklus kegiatan terdiri dari 4 kegiatan yaitu : (1) refleksi awal, (2) perencanan, (3) pelaksanaan dan pemantauan , (4) Refleksi. Hasil tes yang berbentuk tulis telah menunjukkan hasil yang optimal. Hasil tes akhir yang termasuk butir soal A yaitu aktivitas anak dalam kelompok dengan rata-rata 4. Butir B yaitu kemampuan menyimpulkan dengan rata-rata 4,5. Butir C yaitu kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan atau menjawab tes dengan rata-rata 8,05. Dan rata-rata keseluruhan hasilnya 8,35. Berdasarkan pembahasan yang singkat dapat disimpulkan sebagai berikut : Penggunaan Pendekatan Keterampilan Proses dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas VI Semester genap SD Negeri Sidomulyo II Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-30